Menu

5 Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium, Jika Dibiarkan Dampak Pada Kesehatan Siap Menyerang, Tiati!

30 Mei 2023 23:00 WIB

Ilustrasi tubuh kekurangan magnesium (Pexels/Ron Lach)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tubuh membutuhkan nutrisi lengkap agar metabolisme seimbang. Namun terdapat mineral yang mudah hilang, salah satunya adalah magnesium

Biasanya, penyebab utama kekurangan magnesium karena asupan makan yang gak teratur, seperti mengonsumsi banyak alkohol. Gak cuma itu, gangguan penyakit tertentu, seperti diare juga jadi penyebab utama kekurangan magnesium. 

Kekurangan magnesium atau hipomagnesima kerap dianggap bukan masalah berat. Padahal jika dibiarkan, akan berdampak buruk pada kesehatan. 

Oleh sebab itu, penting untuk kamu mengetahui tanda tubuh kekurangan magnesium. Berikut ini 5 ciri-ciri tubuh kekurangan magnesium sebagaimana sudah HerStory kutip dari NDTV. 

1. Kelemahan Otot

Beauty, pernahkah kamu merasa ototmu lemah akhir-akhir ini? Ini bisa jadi tanda-tanda tubuh gak memiliki cukup magnesium. 

Sebab, mineral ini memainkan peran penting dalam kontraksi otot. Kelemahan pada otot biasanya disebabkan rendahnya kadar kalium. 

2. Kehilangan Nafsu Makan

Gak cuma lemah otot, kehilangan nafsu makan juga jadi tanda tubuh kekurangan magnesium. Penting untuk diketahui, magnesium memainkan peran penting dalam mengatur kadar glukosa. 

3. Detak Jantung Gak Teratur

Detak jantung gak teratur juga jadi gejala umum lainnya terkait dengan kekurangan magnesium. Sebab, kadar kalium turun secara signifikan, yang dapat berdampak pada detak jantung. 

Jadi, jika kamu merasa jantung berdetak lebih cepat dari biasanya, itu menjadi tanda kekurangan magnesium.

4. Tekanan Darah Tinggi

Magnesium memainkan peran penting dalam menjaga tekanan darah. Magnesium membantu mengendurkan arteri dan meningkatkan aliran darah yang sehat. 

5. Perubahan Suasana Hati

Tanda ini cukup sering diabaikan. Padahal, mood yang turun menjadi penyebab kekurangan magnesium. 

Magnesium membantu menenangkan pikiran dan membuat perasaan tenang. Namun, jika tubuh gak mendapatkan cukup magnesium, ini menurunkan motivasi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, ditambah kecemasan atau bahkan depresi.