Menu

Rontokkan Kolesterol Pakai Bahan Alami, Cobain 5 Herbal Berkhasiat Ini Moms!

31 Mei 2023 13:35 WIB

Daun sirsak. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol merupakan zat lemak yang diproduksi oleh tubuh untuk membentuk dinding sel, memproduksi beberapa hormom, serta berperan dalam menunjang fungsi otak. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi gak baik bagi tubuh, Moms. 

Hal ini terjadi karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan menyebabkan penyumbatan aliran darah. Akibatnya tubuh gak bisa berfungsi maksimal dan berisiko terjadi komplikasi penyakit yang mematikan. 

Oleh karena itu, Moms harus memerhatikan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kadarnya terlalu tinggi, Moms bisa mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa bahan alami ini, lho. 

Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini, Moms. 

1. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan kandungan yang membantu menurunkan kolesterol. Rutin mengonsumsi teh hijau diketahui dapat menurunkan kolesterol total sekitar 7 mg/dL, serta kolesterol LDL hingga 2 mg/dL saat dikonsumsi secara rutin.

2. Daun Sirsak

Buah sirsak dikenal dengan rasa manis yang kaya vitamin. Namun, gak cumah buanya, daun sirsak juga berkhasiat dapat menjadi obat kolesterol alami. Air rebusan daun sirsak mengandung flavonoid yang ampuh menghambat pembentukan kolesterol dalam darah.

3. Daun Salam

Bahan alami yang satu ini sering dijumpai di dapur, nih. Selain dijadikan bumbu dapur, daun salam juga ternyata dapat bermanfaat untuk meredakan kolesterol tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, hingga keluhan maag. Kandungan flavonoid yang ada di dalamnya bisa berperan aktif untuk semua manfaat tersebut.

4. Kedelai

Kedelai dapat menurunkan kolesterol LDL hingga 12% saat dikonsumsi secara rutin. Rekomendasi yang diberikan oleh Food and Drug Administration, Amerika Serikat bahkan menyebutkan konsumsi 25 gram kedelai setiap hari untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin B3, asam nikotinat, vitamin C, enzim lipase, serta asam folat. Tanaman ini menjadi salah satu bahan herbal yang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya tentu membantu menurunkan kadar kolesterol yang dimiliki di dalam tubuh. 

Artikel Pilihan