Menu

Pemerintah Bakal Gratiskan Guna Cegah Kanker Serviks, Tapi Ibu Hamil Nggak Boleh Vaksin HPV, Kenapa?

31 Mei 2023 14:40 WIB

Vaksin kanker serviks. (iStockphoto/CatLane)

HerStory, Jakarta —

Guna mencegah kanker serviks, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bakal menggratiskan vaksin kanker serviks (HPV). Program tersebut akan diberikan kepada wanita yang berusia minimal 9 hingga 26 tahun.

Nah, tentu Beauty nggah kamu membuang kesempatan vaksinasi gratis ini. Tapi, vaksin ini tidak berlaku untuk ibu hamil. Kenapa?

Sebelum membahas mengapa ibu hamil nggak boleh vaksin HPV, sebaiknya kita mengenal apa itu vaksin HPV dan kenapa pemberiannya penting bagi wanita.

Human Papilloma Virus (HPV) merupakan infeksi virus pada manusi yang bisa menyebabkan kanker. Virus ini bisa menyerang siapa saja, termasuk bagi perempuan atau laki-laki.

Di Indonesia sendiri, kasus kematian kaibat kanker masih tergolong tinggi, yaitu 234.511 kasus pada tahun 2020. Oleh sebab itu, vaksin HPV berperang penting guna mencegah seseorang terkena kanker.

Lalu mengapa ibu hamil nggak bisa mendapatkan kanker serviks?

Nah, bagi Moms yang sedang mengandung, vaksin ini ternyata berpengaruh pada janin sehingga tidak direkomendasikan. Meskipun pada dasarnya vaksin HPV bukanlah vaksin hidup, yang mana jika dilakukan pun tidak akan menimbulkan risikio besar, seperti cacat lahir pada janin.

Tapi, jika Moms sedang mengandung tetap ingin melakukan vaksinasi, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Kapan waktu terbaik mendapatkan vaksin HPV?

Nah, vaksin HPV ini sebaiknya diberikan pada anak berusia 9 tahun hingga orang dewasa berusia 26 tahun. Sedagkan untuk orang yang berusia 27 tahun ke atas tidak direkomendasikan melakukan vaksinansi kecuali atas rekomendasi dokter.

Dosis vaksin HPV untuk anak berusia 9-14 tahun sebanyak 2 kali vaksin. Sedangkan dosis untuk remaja hingga orang dewasa sebanyak 3 kali dengan jangka waktu 6 bulan sejak baksin pertama.

Kemudian, untuk Moms yang hamil, beberaoa minggu setelah melahirkan merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan vaksinasi. Di waktu ini, Moms akan merasa lebih tenang akan kesehatan si kecil.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan