Menu

Mimpi Buruk Ganggu Kualitas Istirahat Kamu? Tips Tidur Nyenyak tanpa Takut Dihantui Mimpi, Terapin Malam Ini Juga!

08 Juni 2023 20:50 WIB

Tidur dengan posisi telentang. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Mimpi buruk merupakan hal normal dan bisa terjadi kepada siapapun di rentang usia berapapun. Terkadang, mimpi buruk akan membuat kamu terbangun di malam hari hingga terjadi gangguan lain seperti rasa cemas.

Kondisi ini tentu saja akan memengaruhi kualitas tidur kamu, Beauty. Jika kamu memiliki kualitas tidur yang buruk, maka akan memengaruhi kondisi tubuh kamu untuk beraktivitas keesokan harinya.

Jika mimpi buruk sering terjadi, maka akan berdampak negatif bagi kesehatan dan pola tidur kamu. Bukan tanpa sebab kondisi ini dinamakan sebagai nightmare disorder di mana gangguan mimpi bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Bisa saja ada gangguan kesehatan yang menyerang fisik maupun psikologis hingga adanya gangguan genetika yang diturunkan.

Oleh karena itu, gangguan mimpi buruk harus diatasi dengan baik, Beauty. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar kualitas tidurmu dapat terjaga baik tanpa adanya mimpi buruk. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

1. Lakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur

Sebelum tidur, hindari untuk berpikir berlebihan atau overthinking. Sebaiknya lakukan aktivitas yang membuat kamu tenang dan rileks seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau mandi air hangat. Dengan begitu, otak dan saraf akan tenang dan kamu bisa terlelap dengan nyaman.

2. Ceritakan mimpi buruk yang kamu alami

Jika kamu mengalami mimpi buruk, jangan pendam lalu jadikan hal tersebut sebagai beban pikiran. Cobalah untuk membicarakannya dengan orang lain agar kamu merasa tenang. Masukan dari orang lain akan membuatmu merasa lebih aman dan yakin bahwa kejadian buruk tersebut hanyalah mimpi dan gak nyata terjadi.

3. Jauhkan diri dari stres

Beauty, rasa stres atau tertekan terkadang yang menyebabkan kamu mengalami mimpi buruk. Hal ini dapat kamu atasi dengan cara bercerita baik kepada psikolog maupun orang terdekat.

4. Bangun lingkungan tidur yang nyaman

Lingkungan tidur juga sangat memengaruhi kualitas tidur kamu. Pastikan untuk tidur dengan posisi yang enak dengan kasur, bantal, selimut, atapun pencahayaan yang nyaman pula. Dengan begitu, tubuh kamu akan rileks selama beristirahat, Beauty.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengatasi mimpi buruk. Melansir Mayo Clinic, pada dasarnya mimpi buruk gak membutuhkan solusi medis selama gak mengganggu rutinitas ataupun kesehatan kamu.

Namun, penanganan medis akan sangat dibutuhkan jika kondisi ini sudah mengganggu rutinitas harianmu, Beauty. Pasalnya mimpi buruk berkaitan dengan kesehatan mental, seperti anxiety ataupun depresi. 

Jika kamu mengalaminya, sebaiknya lakukan pemeriksaan kepada spesialis psikologi, ya.

Artikel Pilihan