Menu

Lebih Murah dari Ikan Shisamo Favorit Cipung, Ini 3 Jenis Ikan yang Juga Kaya Protein! Bagus Untuk Perkembangan Anak Lho

14 Juli 2023 21:30 WIB

Ikan Kembung (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ikan shisamo belakangan diburu masyarakat karena mengundang penasaran akan rasanya yang terlihat menggiurkan saat dimakan oleh anak pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavna, Rayyanza Malik Ahmad.

Ikan tersebut adalah ikan kecil yang penuh telur dan popular di Jepang dan memiliki kandungan protein tinggi. Biasanya, ikan ini dihidangkan utuh dan dimasak dengan cara digoreng atau dibakar.

Namun, tau gak sih, Moms, jika ada banyak ragam ikan yang juga kaya akan kandungan gizi dan protein, juga memiliki harga yang jauh lebih murah.

Berikut 3 ikan yang murah dan tinggi protein untuk dikonsumsi anak, Moms!

Ikan Lele

Siapa yang tak mengenal ikan lele? Ikan berwarna hitam dengan ciri khas kumis yang panjang ini sangat populer di banyak daerah di Indonesia. Selain murah dan mudah didapat, lele memiliki kandungan gizi yang tinggi dan menjadi salah satu ikan yang baik untuk dikonsumsi anak.

Ikan yang baik untuk anak biasanya memiliki kandungan omega-3 dan omega-6, yang ternyata juga dimiliki oleh ikan lele. Satu ekor ikan lele mengandung 220 mg asam lemak omega-3 875 mg asam lemak omega-6. 

Fungsinya antara lain untuk mencegah peradangan dan membantu perkembangan otak sehingga sangat baik untuk anak yang sel-sel otaknya sedang bertumbuh dan lansia yang fungsi otaknya mulai menurun. Omega-3 juga meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga dapat mencegah penumpukan lemak di bawah kulit, di hati, maupun plak pada pembuluh darah. 

Ikan Bandeng

Jenis ikan yang gurih membuat ikan bandeng menjadi salah satu ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat.

Tak hanya enak dan harganya murah, dalam ikan bandeng juga kaya akan sumber kalori yang setiap 100 gramnya mengandung 123 kalori. ebagai perbandingan, ikan lele dan mujair hanya mengandung 84 kalori. Ini membuat bandeng termasuk sebagai ikan yang baik untuk anak, khususnya sebagai sumber energi tubuh.

Selain tinggi kalori, dalam 100 gram ikan bandeng juga terkandung 20 gram protein, 150 mg fosfor, 20 mg kalsium, 4,8 gram lemak, serta 271,1 mg kalium. 

Ikan Kembung

Nah, ikan yang satu ini disebut-sebut memiliki kandungan yang lebih baik dari ikan salmon lho. Bahkan, artis Sandra Dewi mengaku lebih sering memberi makan anak-anaknya dengan ikan kembung yang murah meriah ketimbang ikan-ikan mahal.

Hal ini karena kandungannya yang kaya akan gizi dan sangat baik untuk perkembangan anak.

Artikel Pilihan