Menu

Bunga Citra Lestari Pakai Bulu Mata Palsu saat Umrah, Boleh Gak Sih Menurut Agama Islam?

02 Januari 2024 09:55 WIB

Bunga Citra Lestari (Instagram/bclsinclair)

HerStory, Jakarta —

Sedang menjalankan ibadah umrah, Bunga Citra Lestari mendadak tuai kritikan dari netter saat membagikan potretnya dengan keluarga di Tanah Suci.

Pada foto, BCL melaksanakan ibadah umrah bersama sang suami Tiko Aryawardhana dan putranya Noah Sinclair. Ini adalah momen umrah pertama kali BCL dengan Tiko usai mereka menjadi pasangan suami istri.

Diketahui bahwa pengantin baru itu Umrah tepat pada momen perayaan Tahun Barau 2024. Kala itu BCL mengatakan pada unggahannya sangat bersyukur karena 2023 menjadi tahun terbaiknya.

"Alhamdulillah.. Umroh di malam terakhir di tahun 2023.. Thank you 2023, its been amazing.. Happy New Year," tulis BCL.

Namun sayangnya, penampilan BCL saat umrah malah menjadi sorotan. Pasalnya, ia memakai bulu mata palsu dan banyak yang kecewa akan hal itu.

"Umrohnya jadi sia2 gak sih klo pake bulu mata palsu atau eyelash extension:(," tulis @emp***.

"Iya air wudhu ny tertahan di bulumata..shalatnya ga sah," komentar @mel***.

"Sebaiknya di bersihkan dl Krn menghalangi syarat sahnya wudhu," timpal akun @pip***.

Lalu, boleh gak sih memakai bulu mata sambung saat menjalankan ibadan umrah?

Ustaz Abdul Somad mengatakan bahwa ternyata Allah melarang wanita yang mengubah-ubah penampilannya.

"Adapun bulu matanya kurang lebat lalu dia pakai kemiri, pakai minyak zaitun, tidak termasuk dalam kategori hadits yang dilarang, dilaknat," kata UAS pada tayangan di YouTube.

"Allah melaknat perempuan tukang buat tato, minta buatkan tato, mencabut bulu mata, menjarangkan gigi, mengubah-ubah ciptaan Allah. Operasi plastik, masukkan silikon, otak-atik, ini yang tidak boleh," lanjutnya.

Gak cuma itu saja, UAS juga mengungkapkan bahwa rukun ibadah haji dan umrah terdiri dari lima yaitu niat, tawaf, sa'i, tahallul atau cukur rambut dan tertib.

"Maka barang siapa yang melewati miqat tanpa memakai kain ihram maka dia wajib menumpahkan darah,' ucapnya.

Di sisi lain, ada pula Ustaz Syam yang sempat menjelaskan soal pemakaian bulu mata palsu atau sambungan dalam Islam.

"Allah melaknat orang yang bertugas menyambung dan yang minta disambungkan (bulu mata palsu). Tapi tergantung daripada fungsinya. Ada orang yang terlahir tidak memiliki fungsi normal pada bulu matanya sehingga tidak seperti orang kebanyakan, maka ia boleh memasang bulu mata untuk menormalkan dirinya seperti orang lain," jelasnya.

Artikel Pilihan