Menu

Gak Cuma Buat Diet, Ini 5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Wajah! Yakin Gak Mau Coba?

31 Januari 2024 09:43 WIB

Ilustrasi masker oatmeal dan madu (Mymilk/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Karena kandungan vitamin dan seratnya yang tinggi, oatmeal biasanya dijadikan santapan sarapan yang menyehatkan tubuh. Namun, kamu tahu gak sih kalau ternyata oatmeal memiliki segudang manfaat sebagai masker wajah alami lho Beauty!

Merangkum laman hello sehat melalui laman sindikasi konten suara.com, berikut lima manfaat oatmeal yang tak hanya baik untuk dikonsumsi, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit wajah.

1. Eksfoliator kulit wajah

Manfaat oatmeal yang pertama untuk kesehatan kulit wajah adalah sebagai eksfoliator alami yang tentunya tak akan menimbulkan iritasi dan kemerahan pada wajah.

Proses eksfoliasi menggunakan oatmeal dapat digunakan dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat.

2. Mengecilkan pori-pori

Oatmeal dipercaya memiliki kandungan saponin yang bermanfaat untuk mengecilkan hingga membersihkan pori-pori yang tersumbat pada kulit.

Bagi yang ingin mendapatkan manfaat tersebut dapat menggunakan oatmeal sebagai masker wajah. Namun, bagi pemilik kulit sensitif mesti berhati-hati karena penggunaan masker oatmeal pada wajah dapat menyebabkan iritasi.

3. Atasi jerawat

Manfaat oatmeal bagi kulit wajah berikutnya adalah mampu mengatasi jerawat. Hal tersebut karena oatmeal memiliki kandungan antioksidan yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit kulit.

Tak hanya itu, oatmeal juga memiliki kandungan koloid yang yang bersifat anti radang sehingga dapat memberikan efek menenangkan kulit.

4. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Kandungan antioksidan pada oatmeal dapat menghambat produksi prostaglandin dan pelepasan asam arakidonat yang menjadi salah satu faktor kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Menggunakan masker wajah oatmeal yang diiringi dengan penggunaan tabir surya dapat membantu melawan radikal bebas dan efek kerusakan akibat paparan sinar matahari.

5. Melembapkan kulit

Berikutnya, oatmeal juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit wajah karena mengandung koloid yang dapat mengikat jaringan kulit dan memberikan perlindungan terhadap iritasi.

Kandungan polikarsarida pada oatmeal berperan sebagai pengikat air dan hidrokoloid yang menjaga kelembaban kulit serta pelembab yang dapat meredakan gatal pada kulit.

Demikian ulasan mengenai lima manfaat oatmeal yang ternyata memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit wajah.

Artikel Pilihan