Menu

Ada Bawang hingga Kismis, Ini 5 Makanan untuk Hempas Sakit Gigi, Bisa Dicoba saat Darurat!

14 Februari 2024 20:30 WIB

Ilustrasi sakit gigi. (Freepik/stokking)

HerStory, Jakarta —

Meski terlihat sepele, sakit gigi adalah salah satu penyakit yang bisa berdampak pada kondisi tubuh lainnya. Biasanya, orang yang sakit gigi akan sangat menghindari makanan yang manis karena takut bertambah parah.

Namun, masih ada beberapa makanan yang aman untuk dimakan penderita sakit gigi lho Beauty! Berikut makanan dan minuman untuk dinikmati saat sakit gigi merangkum dari laman Hellosehat melalui laman sindikasi konten suara.com.

1. Susu

Produk susu maupun olahannya seperti keju dan yogurt bisa dinikmari saat kita sakit gigi. Hal ini karena teksturnya yang tidak keras dan juga mengandung tinggi kalsium sehingga bisa memperkuat gigi.

Bahkan pada penelitian di jurnal PLOS ONE, yoghurt dapat berfungsi mencegah radang gusi karena mengandung asam laktat.

2. Permen

Mungkin kita mengira permen merupakan makanan yang harus dihindari saat sakit gigi karena adanya gula yang dapat memperparah kondisi gigi. Namun, kita tetap bisa mengonsumsi permen asalkan tanpa gula.

Hal ini karena konsumsi permen dapat membantu sekresi air liur meningkat. Hal ini sangat membantu pencegahan pembentukan bakteri pada gigi kering.

3. Bawang putih 

Sudah lazim diketahui makanan satu ini dapat membantu penyembuhan sakit gigi. Hal ini karena adanya zat antibakteri seperti allicin.

Tak hanya itu, bumbu masak ini juga bisa meredakan sakit atau nyeri gejala sakit gigi. Cara menggunakannya juga cukup mudah karena kita hanya perlu menghaluskannya dan menenpelkan di daerah gigi yang sakit.

4. Telur

Telur menjadi makanan berikutnya yang dapat dikunsumsi saat sakit gigi karena lembut Kita bisa membuat aneka hidangan seperti telur goreng, orak-arik, atau rebus.

Tak hanya itu, kita juga bisa memadukan telur dengan sayuran lain agar lebih nikmat dan tidak menyebabkan sakit gigi semakin parah.

5. Kismis

Kismis yang cenderung lengket dan manis membuat sebagian besar orang tidak mengonsumsinya saat sakit gigi. Namun, kisimis ini ternyata memiliki manfaat baik untuk gigi. Hal ini berdasarkan studi dari Contemporary Clinical Dentistry.

Hasil studi tersebut menyimpulkan kismis mengandung lima jenis fitonutrien, dimana salah satunya berupa asam oleanolat yang membantu menghentikan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Nah, pada dasarnya jika sedang sakit gigi, sebaiknya pilih makanan lembut. Selain itu, sebaiknya hindari makanan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin yang dapat menyebabkan gigi sensitif. Jadi jangan salah pilih lagi saat sakit gigi menyerang. Semoga tips di atas bermanfaat.