Menu

IFW 2024 Bakal Digelar Meriah Mengusung Tema 'Langgam Jakarta Teranyam', Intip Yuk Jadwalnya!

22 Februari 2024 07:55 WIB

Indonesia Fashion Week 2024 (istimewa)

HerStory, Jakarta —

Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) bersama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Bank BTN Prioritas, serta Tokopedia dengan bangga mempersembahkan Indonesia Fashion Week (IFW) 2024. 

IFW 2024 akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) mulai dari 27-31 Maret 2024. Ratusan desainer dan peserta pameran akan terlibat dalam pekan mode paling bergengsi di Indonesia ini. 

Tema IFW 2024 adalah Langgam Jakarta Teranyam. Tema tersebut diambil sebagai bentuk apresiasi terhadap kaleidoskop budaya Betawi. 

"Lewat tema 'Langgam Jakarta Teranyam' IFW 2024 coba menangkap esensi persatuan dan kebhinekaan melalui kacamata mode," kata Ketua Umum APPMI, Poppy Dharsono. 

"Esensi persatuan dan kebhinekaan itu digambarkan oleh perpaduan tradisi Melayu, Tiongkok, Arab, dan Eropa. Dengan begitu, kami berharap audiens dapat memulai perjalanan visual yang melampaui batas-batas budaya dan merangkul keindahan multikulturalisme," tambah Poppy. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di IFW 2024 keindahan wastra Nusantara akan menjadi highlight utamanya dan untuk tahun ini akan bertabur wastra DKI Jakarta. 

"Akan banyak tekstil tradisional yang motifnya terinspirasi dari batik Melayu, sulaman sutra khas Tiongkok, desain geometris Arab, dan dinamisnya kota metropolitan. Kesemuanya itu menyatu untuk menciptakan perpaduan unik yang membentuk ciri khas budaya DKI Jakarta," ungkap Poppy. 

Sementara itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan IFW 2024. Sebagai salah satu event besar pada sektor fashion, IFW mempunyai misi strategis dalam mengembangkan pelaku sektor fashion untuk selalu memperhatikan kualitas desain tanpa meninggalkan budaya.

"Budaya yang menjadi unsur pembeda, unsur yang dapat menarik konsumen, harus selalu menjadi pemicu kreativitas. Budaya Betawi yang merupakan hasil akulturasi berbagai budaya yang dibawa pendatang, merupakan 'keunikan' yang dapat dimanfaatkan oleh sektor fashion," ungkap Andhika Permata selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta. 

Seperti dijelaskan di awal, di tahun ini IFW 2024 mendapat dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari Bank BTN Prioritas. Dukungan Bank BTN Prioritas pada IFW 2024 adalah sebagai salah satu upaya membantu meningkatkan perkembangan dunia fashion di tanah air, juga untuk semakin memperkenalkan brand-brand fashion lokal yang tidak kalah dengan brand-brand fashion yang telah mendunia. 

“Dengan adanya Indonesia Fashion Week 2024, diharapkan mampu menjadi wadah bagi para designer-designer Indonesia menunjukkan hasil karya terbaiknya agar semakin dikenal di masyarakat luas khususnya untuk para peminat fashion,” kata Ratu Meika selaku Sales Management Department Head  Wealth Management Divison  PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Selain itu, sebagai bentuk apresiasi kepada Nasabah setia BTN Prioritas dan juga sejalan dengan rangkaian kegiatan BTN Prioritas Experience yang menghadirkan event-event spesial sebagai privilege khusus bagi Nasabah BTN Prioritas, Ratu mengatakan bahwa pihaknya akan mengundang Nasabah BTN Prioritas terpilih untuk hadir pada IFW 2024. 

“Kami berharap dengan menghadiri event spesial ini, Nasabah BTN Prioritas dapat menikmati pengalaman berbeda dalam menikmati karya-karya terbaik para designer ternama Indonesia. Tidak hanya itu, Nasabah BTN Prioritas yang hadir juga akan mendapatkan penawaran spesial untuk transaksi pembelian brand fashion dari berbagai designer yang ikut serta pada Indonesia Fashion Week 2024 ini, dengan menggunakan Kartu Debit BTN Prioritas Visa Platinum,” tambah Ratu

Sementara itu, Fashion Category Development Senior Lead Tokopedia, Vivi Kosidin, mengatakan, bahwa Tokopedia dan TikTok mendukung peluncuran kampanye Langgam Jakarta Teranyam IFW 2024. 

“Kampanye ini secara khusus memberikan apresiasi terhadap kain tradisional Betawi sekaligus setiap pihak yang berkontribusi menjaga kelestariannya, seperti desainer dan pelaku usaha lokal terkait; sangat sejalan dengan komitmen Tokopedia dan TikTok untuk membantu pelaku usaha lokal khususnya UMKM untuk maju dan berkembang. Ke depannya, Tokopedia dan TikTok juga akan terus berupaya memberikan penggung yang lebih luas kepada para pelaku usaha fesyen tanah air, khususnya di bidang kain tradisional, agar makin menjadi pilihan masyarakat,” papar Vivi.

Acara peluncuran kampanye IFW 2024 diselenggarakan dengan meriah di Midaz Senayan pada siang hari Rabu, 21 Maret 2024. Acara diisi dengan sambutan dari para penyelenggara IFW 2024, dilanjutkan dengan press conference, mini talkshow, peluncuran video kampanye, dan diakhiri dengan peragaan busana. Acara dihadiri oleh pecinta mode, perancang busana, model, influencer, dan juga rekan-rekan media. Peluncuran ini akan menjadi pertama kalinya tema dan video kampanye IFW 2024 ditayangkan secara publik sebagai bentuk rangkaian aktivasi menuju #RoadtoIFW2024.