Menu

Lebaran Auto Glowing dan Bikin Pangling! Ini 5 Bahan Alami untuk Masker Wajah, Mudah Dicari di Rumah Lho Beauty!

29 Februari 2024 12:25 WIB

Tiga wanita berbeda skintone yang memiliki kulit sehat dan glowing. (pinterest/cosmopolitan)

HerStory, Jakarta —

Gak cuma wanita, tentu saja banyak orang menginginkan kulit yang bersih dan cerah, kan? Gak cuma terlihat lebih sehat, kulit yang cerah juga bisa memancarkan kecantikan sehingga lebih percaya diri.

Nah, jika kamu ingin membuat banyak orang pangling dengan perubahanmu, mungkin beberapa bahan-bahan alami ini bisa membantu mencerahkan kulit wajah Beauty!

Mengingat sedikit lagi merupakan perayaan Hari Raya Lebaran dan cocok untuk melakukan perawatan optimal, simak yuk ada apa saja sih bahan alami rumahan yang bisa kamu pakai?

1. Lemon

Nomor satu adalah bahan yang seringkali kita temui di dalam rumah, yaitu Lemon. Lemon dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah karena mengandung asam. Selain itu, Lemon juga mengandung vitamin C yang membantu proses pembentukan sel-sel baru.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah. Siapkan 2 sendok makan air perasan lemon dan campurkan dengan sedikit air. Setelah itu kalian bisa mengoleskannya ke permukaan wajah. Tunggu sampai 10 menit. Kemudian bilas sampai bersih. 

2. Timun

Masker dari timun membantu kulit mempunyai tekstur yang kenyal dan tampak kencang. Selain itu vitamin A dan C yang ada di dalamnya juga dapat mengurangi iritasi pada kulit.

Cara membuatnya juga mudah. Kalian bisa meratakan parutan timun ke seluruh wajah atau juga menempelkan irisan timun ke seluruh wajah. Diamkan untuk beberapa saat. Jika sudah selesai, bilas dengan air hangat hingga bersih. 

3. Yogurt

Apakah kalian sudah mencoba untuk membuat masker wajah alami dengan yoghurt? Jika belum, kalian bisa melakukannya sekarang. Yoghurt mengandung asam laktat yang berguna untuk menghambat produksi enzim tirosinase. Tirosinase merupakan enzim yang menghasilkan suatu melanin.

Jika produksi melanin tersebut, maka kulit yang kusam dapat menjadi kulit yang cerah dan bersih. Kalian cukup mengoleskan yoghurt secara merata ke seluruh wajah kemudian diamkan beberapa menit. Lalu bilas dengan air sampai benar-benar bersih. 

4. Madu

Kalian sudah pasti kerap mendengar bahwa madu mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk kecantikan. Madu dapat dijadikan sebagai masker alami karena mampu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam.

Kalian cukup mengoleskan madu tipis-tipis ke seluruh wajah. Tunggu 15-20 menit kemudian bilas menggunakan air hingga bersih. Akan lebih baik jika kalian menggunakan madu alami untuk hasil yang lebih maksimal. 

5. Lidah Buaya

Tak hanya untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga dapat dibuat menjadi masker alami untuk mencerahkan wajah. Lidah buaya dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Untuk menjadikan lidah buaya sebagai masker wajah, kalian bisa langsung mengambil dari tanaman lidah buaya atau bisa juga melalui gel Aloe Vera yang banyak tersedia. Cukup oleskan secara merata ke seluruh wajah dan tunggu hingga 15 menit. Kemudian bilas sampai bersih.

Bahan-bahan alami tanpa kita duga juga dapat membantu untuk mencerahkan kulit. Tak harus dengan obat-obatan atau produk kecantikan yang mahal. Selagi ada bahan alami yang dapat digunakan, maka tak masalah. Itulah 5 bahan alami yang dapat kalian gunakan sebagai masker alami.  

Artikel Pilihan