Menu

Gak Cuma Wanita, Ternyata Kerontokan Dini Juga Bisa Bikin Pria Insecure Lho! Apa Sih Penyebabnya? Catat dan Kasih Tahu PakSu Ya Moms!

05 Maret 2024 22:45 WIB

Ilustrasi rambut rontok. (Pixabay/Martin Slavoljubovski)

HerStory, Jakarta —

Siapa sangka ternyata pria sangat sering gelisah karena rambut rontok. Rupanya, hal ini gak datang kepada wanita saja!

Pasalnya, pria yang mengalami kebotakan dini sangat tinggi pengaruhnya terhadap kepercayaan diri mereka.

Berdasarkan ZAP Menology Index 2024, sebanyak 96,7 persen pria menilai rambut sebagai salah satu hal yang paling memengaruhi penampilan.

Itulah mengapa saat mengalami masalah pada rambut seperti kerontokan, pria jadi merasa khawatir dengan penampilan mereka dan lebih inscure.

Hasil survei juga menyebutkan bahwa sebanyak 34,7 pria mengalami kerontokan rambut. Itulah kenapa 67,7 persen di antaranya punya rencana untuk transplantasi rambut demi menghindari kebotakan lho Beauty!

Namun, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab rambut menjadi rontok? 

Diketahui, biasanya penyebab kebotakan dini pada pria adalah faktor genetik atau keturunan, karena kondisi medis, atau efek kemoterapi.

Namun, menurut dermatolog dan Co-Founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, Dr. dr., SpKK(K), DINSDV, FAADV mengungkapkan, kondisi rambut rontok pada pria bisa juga disebabkan faktor hormon.

Kondisi hormon membuat sebagian pria mengalami masalah rambut rontok. Namun, sebenarnya bukan cuma itu. Masalah rambut rontok juga bisa karena pengaruh asupan nutrisi.

"Kalau tadi kita ngomong yang hormon dan bakat. yaitu pada pria memang bisa membuat rambut rontok, tapi itu tidak semuanya ya. Tapi kalau misalnya nutrisi, itu juga ngaruh," ujar dr. Endi, dilansir dari laman sindikasi konten Suara.com.

Dijelaskan bahwa kurangnya asupan protein harian dapat memicu berbagai masalah rambut. Ini karena protein menjadi kandungan penting yang memperkuat rambut sehingga tak rontok.

"Jadi misalnya ada orang yang dia tertentu sama sekali nggak makan protein atau protein tertentu dihindari ,itu juga ngaruh karena penyusun rambut adalah protein. Kalau misalnya nanti mengonsumsi lagi protein yang hilang, biasanya tumbuh lagi gitu. Makannya ada diet yang nggak makan daging itu atau enggak pernah kena matahari, vitamin D-nya turun di badan. Nah, itu juga ngaruh jadi rambutnya gampang rontok," terang sang dokter.

Konsumsi vitamin juga memengaruhi kesehatan rambut. Kurang vitamin D atau A disebut bisa membuat rambut mudah rontok. Asupan selenium dan zinc pun mesti mencukupi agar rambut sehat.

Artikel Pilihan