Menu

Bisa untuk Momen Nikmati Akhir Pekan, Ini 4 Rekomendasi Film yang Diadaptasi dari Novel Klasik Inggris! Favorit Kamu yang Mana?

06 Maret 2024 23:40 WIB

Ilustrasi dua orang wanita sedang menonton drama Korea. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Banyak sekali novel klasik asal Inggris yang menjadi inspirasi bagi industri film. Bahkan, karena menyajikan latar zaman dahulu dan pandangan baru terhadap suatu isu, banyak sekali penonton yang gemar menontonnya lho!

Dari karya-karya Jane Austen yang romantis hingga cerita-cerita Frances Hodgson Burnett yang penuh dengan kehidupan dan keajaiban, berikut 4 rekomendasi film hasil adaptasi novel klasik Inggris.

1. Emma (2020)

Emma merupakan film komedi yang diadaptasi dari novel karya Jane Austen. Berlatar tahun 1800-an, film ini menceritakan tentang Emma Woodhouse (Anya Taylor-Joy), seorang wanita muda, cantik, dan berasal dari keluarga terpandang. 

Ia suka menjodohkan teman-temannya. Karena sifatnya itulah, ia sering dikritik oleh Mr. Knightley (Johnny Flynn). Meski sok berpengalaman dalam hal percintaan, nyatanya ia sendiri bingung dengan perasaannya sendiri.

2. Persuasion  (2022)

Persuasion diadaptasi dari novel karangan Jane Austen tahun 1817. Ceritanya mengikuti Anne Elliot (Dakota Johnson) yang menolak lamaran Frederick Wentworth (Cosmo Jarvis), pria yang dicintainya, karena keluarganya menganggap status Wentworth tak layak.

Delapan tahun kemudian, Anne bertemu kembali dengan Wentworth yang telah sukses dan kaya. Anne masih mencintai Wentworth, tetapi dia menghadapi banyak tekanan sosial dan ekspektasi keluarga. Ia belajar untuk percaya pada dirinya sendiri dan mengikuti hatinya.

3. Little Women (2019)

Little Women merupakan adaptasi dari novel klasik karya Louisa May Alcott. Cerita ini mengikuti kehidupan empat saudara perempuan: Meg (Emma Watson), Jo (Saoirse Ronan), Beth (Eliza Scanlen), dan Amy (Florence Pugh). 

Film arahan sutradara Greta Gerwig ini menyoroti persahabatan, cinta, dan kegigihan dalam menghadapi tantangan hidup dan meraih impian.

4. The Secret Garden (2020)

The Secret Garden merupakan film fantasi dari novel klasik Frances Hodgson Burnett. Film ini mengisahkan gadis yatim-piatu bernama Mary Lennox (Dixie Egerickx) yang dikirim untuk tinggal bersama pamannya.

Ia menemukan taman rahasia yang tersembunyi dan terlantar. Bersama dengan sahabat barunya Dickon (Amir Wilson) dan sepupunya Colin (Edan Hayhurst), Mary memulihkan taman tersebut. Ia juga belajar tentang keluarga dan masa lalu rumit dari pamannya.

Itulah 4 rekomendasi film yang diadaptasi dari novel klasik. Dari genre romance hingga fantasi, film klasik mana yang menarik minat menontonmu?

Artikel Pilihan