Menu

Meski Niacinamide Ampuh untuk Atasi Jerawat, Tiati Beauty Ternyata Ada Efek Sampingnya, Apa Itu?

25 Maret 2024 22:15 WIB

Ilustrasi wanita gabungkan vitamin c dan niacinamide (Foto/Special)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti sering melihat nama kandungan niacinamide, terutama dalam skincare. Usut punya usut, menurut dr. Tirtawati Wijaya, SE di laman Alodokter pada 15 Maret 2024, ternyata niacinamide merupakan bentuk vitamin B3 yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

"Vitamin ini merupakan nutrient esensial yang tidak dihasilkan sendiri oleh tubuh dan harus didapatkan dari luar tubuh, baik melalui makanan atau obat/suplemen/salep/gel dan sebagainya," tutur dr. Tirtawati dikutip Herstory pada Senin (25/3/2024).

Manfaat Niacinamide

Nah dr. Tirtawati pun membeberkan manfaat dari niacinamide untuk kulit berikut ini:

  1. Bisa jaga kelembapan kulit dengan meningkatkan produksi ceramide dan elastin secara ilmiah.
  2. Atasi dan cegah jerawat karena cenderung kurangi produksi sebum berlebihan di kulit, terutama di wajah.
  3. Melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV karena memiliki property anti radikal bebas.
  4. Kurangi munculnya kerutan di wajah karena bisa tingkatkan produksi kolagen dan keratin, serta lindungi kulit dari efek buruk sinar UV, salah satunya kerutan.
  5. Meski banyak manfaatnya, Beauty harus bijak dalam menggunakan niacinamide. Itu karena ada efek samping yang mengintai jika digunakan secara berlebihan. 

Efek samping niacinamide

Biar Beauty gak was-was, intip yuk efek buruk dari penggunaan niacinamide yang berlebihan:

  1. Batuk, muntah, sakit perut, gatal-gatal, ruam kulit, diabetes, gangguan penglihatan, rasa haus berlebihan, hiperpigmentasi, dan sebagainya. Usut punya usut, biasanya efek samping tersebut itu akibat dari penggunaan niacinamide dalam bentuk oral.
  2. Flushing, ruam kemerahan, gatal, kulit terasa tersengat, sensitif terhadap sinar matahari, dan sebagainya. Biasanya gejala tersebut disebabkan oleh penggunaan niacinamide topical, yaitu salep, gel, cream, dan sebagainya.

"Pada umumnya produk niacinamide yang dijual secara bebas dan resmi (memiliki sertifikasi BPOM) adalah aman digunakan oleh Masyarakat umum tanpa resep dokter, namun penggunaan niacinamide perlu selalu dilakukan sesuai dengan petunjuk penggunaannya, tidak sembarangan," saran dr. Tirtawati.

Sementara itu, produk niacinamide yang memerlukan resep dokter, makan hanya boleh digunakan resep dokter demi keamanan pasien sendiri.

Artikel Pilihan