Menu

Jangan Salah karena Bisa Bikin Lemas, Ini Durasi yang Dianjurkan Dokter untuk Olahraga Saat Puasa

28 Maret 2024 18:00 WIB

ilustrasi dua orang yang sedang olahraga lari (freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Eka Hospital BSD, dr. Retnoningtyas, Sp.K.O membeberkan 3 waktu yang ideal untuk kamu gunakan selama berpuasa.

Oh iya Beauty, puasa jangan sampai kamu jadikan halangan untuk olahraga, ya!. Justru menurut dr. Retnoningtyas, olahraga selama bulan puasa itu dianjurkan agar kebugaran tubuh saat puasa tetap terjaga.

Tapi memang ada trik khusus yang harus kamu lakukan jika melakukan olahraga semalam ibadah puasa. Itu karena jika kamu sembarangan olahraga, bisa bikin kamu batal puasa. Hal-hal yang harus diperhatikan, ada jenis olahraga, intensitas olahraga, dan durasi olahraga.

Kali ini Herstory akan merangkumkan durasi yang dianjurkan untuk olahraga saat puasa. 

Durasi yang dianjurkan untuk olahraga saat puasa

Sang dokter spesialis kedokteran olahraga itu menganjurkan Beauty untuk olahraga minimal 150 menit dalam seminggu. Itu artinya kamu bisa lakukan 30 menit olahraga setiap harinya.

Tapi saat puasa, sebaiknya kamu pilih durasi yang lebih singkat agar tubuh bisa beradaptasi. Kamu bisa menaikan durasinya secara bertahap hingga 30 menit setiap harinya.

Tips olahraga saat puasa

Selain itu, dr. Retnoningtyas itu pun memberikan langkah-langkah agar kamu lancar olahraga, simak yuk:

  1. Jangan melewatkan waktu sahur
  2. Cukupi kebutuhan protein saat sahur dan berbuka
  3. Minum air yang cukup saat sahur atau setelah berbuka
  4. Gunakan pakaian yang menyerap keringat saat berolahraga

Oh iya Beauty, penting bagi kamu untuk mendengarkan tubuh saat olahraga. Jangan sampai memaksakan diri sampai-sampai kesehatan pun jadi korban. Jika kamu merasa mual, muntah, kepala berkunang-kunang, hentikan semua aktivitas olahraga dan konsultasi ke dokter.

Selain itu jika ada kondisi kesehatan tertentu sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga untuk mendapatkan program latihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  

Artikel Pilihan