Menu

Catat Moms! Ini 10 Makanan yang Wajib Dibawa saat Mudik Lebaran, Cocok untuk Stock dan Jaga-jaga Agar Perjalanan Tetap Nyaman!

28 Maret 2024 15:30 WIB

Ilustrasi badan fit setelah mudik (Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

HerStory, Jakarta —

Lebaran sangat identik dengan mudik. Biasanya, mereka yang pulang ke kampung halaman menggunakan jalur darat akan menyiapkan makanan selama perjalanan yang bisa membuat semakin menyenangkan dan nyaman.

Ada yang dipersiapkan secara khusus, ada pula yang dibeli di rest area atau sepanjang perjalanan saat singgah. Kamu tipe yang mana nih Moms? 

Dikutip dari Koa Camping melalui laman sindikasi konten suara.com yang menyediakan berbagi informasi seputar perjalan bermobil dengan RV (Recreational Vehicle), bepergian bukan berarti menurunkan kewaspadaan tentang pemilihan asupan makanan bergizi

"Pilihan yang begitu banyak di tempat persinggahan, terutama yang berwarna mencolok selalu menarik perhatian. Padahal, unsur nutrisi perlu dipikirkan, dibandingkan mencomot makanan bersalut gula yang sangat tebal," demikian dituliskan situs ini. 

"Selama berperjalanan dengan mobil, tubuh dimotori oleh energi yang rendah karena posisi duduk terus-menerus. Bisa berjam-jam bahkan berhari-hari. Karena itu, makanan tidak sehat selama bermobil hendaknya dihindari," berikut penjelasan selanjutnya. 

Berikut daftar 10 makanan sehat yang bisa dijadikan bekal selama perjalanan. Bisa disiapkan sendiri atau dibeli, dan disimpan di mobil. 

Sebagai catatan, saat tiba di tujuan, bekal mesti ikut diturunkan agar kabin tak berbau, tak didatangi satwa, sekaligus tak terpapar sinar matahari yang mempengaruhi kualitas, rasa, bahkan susunan kimia serta kadar gizinya. 

Daftar 10 makanan sehat untuk perjalanan bermobil: 

  1. Dendeng daging organik yang seru dikunyah, menambah energi, serta membuat segar. Konsumsi secukupnya, tak berlebihan.
  2. Popcorn, mengandung serat serta karbohidrat kompleks, menjadi salah satu sumber tenaga. Juga konsumsi secukupnya, untuk menghindarkan tenggorokan kering karena kandungan margarin yang dicampurkan saat pembuatan.
  3. Telur rebus matang total (bukan setengah matang) sebagai sumber energi. Persiapkan dari rumah dan kupas agar tak menimbulkan banyak remah dan sampah dalam kabin. Bisa ditambah roti gandum agar mendapatkan lebih banyak karbohidrat kompleks.
  4. Protein bars, yaitu batangan pipih atau bars yang terbuat dari cokelat, kacang-kacangan, granola, bulir beras, dan sebagainya. Hati-hati memilih sehingga tak membuat terjadinya lonjakan gula darah saat disantap.
  5. Keju dalam bentuk string atau cheesestrings. Bisa disantap begitu saja, atau dipadankan dengan potongan apel. Bagus untuk mendapatkan sumber lemak baik, protein, dan karbohidrat kompleks.
  6. Buah anggur, dikonsumsi secukupnya untuk menghindari terjadinya lonjakan gula darah.
  7. Roti tawar isi selai kacang, pastikan selai kacang bukan jenis kaya gula namun terbuat dari alami rendah penyedap termasuk gula. Roti juga pilih yang terbuat dari gandum.
  8. Campuran buah dan kacang kering kekinian, camilan ini sedang viral di TikTok, terbuat dari bermacam jenis kacang-kacangan disangrai bebas minyak, lalu dicampur dengan buah-buahan kering. Contohnya kacang almond, pistachio, walnut, cherry kering, dan seterusnya.
  9. Campuran kripik sayur-mayur, juga jenis camilan yang tengah hits. Bisa disiapkan sendiri dengan mencuci bersih sayur-sayuran pilihan, keringkan dengan tisu dapur, kemudian olesi minyak zaitun dan panggang sampai cokelat keemasan. Contohnya antara lain sayuran kale, radish merah, jamur, wortel, brokoli, dan terong.
  10. Cokelat hitam atau dark cokelat, mesti dipilih yang tak mengandung gula terlalu banyak. Dikenal memiliki efek menurunkan risiko sakit jantung dan menambah fungsi otak.

Artikel Pilihan