Menu

Biar Gak Zonk, Simak Yuk Cara Pilih Durian, Anti Gagal Perut pun Senang!

24 April 2024 20:32 WIB

Durian. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, memilih durian memang harus dilakukan secara cermat dan teliti, karena jika gagal, auto gigit jari. Seringkali para penggemar durian merasakan kegagalan saat memilih durian hingga berujung kecewa.

Biar gak zonk lagi, Herstory pun akan rangkumkan cara memilih durian untuk mengurangi risiko gagal saat memilih durian. Mengutip dari buku A-Z Tips Seputar Rumah Tangga dari Urusan Dapur sampai Probelm Tanaman inilah caranya

1. Pilih yang juringnya lengkap

Beauty, pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat juringnya. Jika kelima juringnya terisi lengkap dipastikan isinya simetris. Sementara itu, jika juringnya tak lengkap, pasti bentuk duriannya tak simetris, jika isi duriannya memiliki kualitas bagus, bisa jadi isiannya tak banyak.

2. Perhatikan bentuknya

Disebutkan jika bentuk durian yang bulat itu isinya lebih banyak dibandingkan dengan durian yang bentuknya lonjong.

3. Perhatikan permukaan durian

Beauty, sebelum membeli kamu harus memerhatikan seluruh permukaan kulit durian. Kamu harus memilih yang tak ada lubang atau noda hitam meski ukurannya hanya seukuran kepala jarum pentul.

Jika ada salah satu tanda tersebut, itu tandanya durian tak sehat, bahkan bisa jadi busuknya sudah menyebar di bagian dalam. Kamu juga harus waspada dengan durian yang dibungkus dengan daun aren, bisa jadi taktik penjual untuk menutup lubang atau durian sudah terbuka.

Jika durian sudah pecah ujungnya, biasanya rasa duriannya akan basi karena terjadi oksidasi.

4. Jangan pilih yang kulitnya terbuka

Banyak pelanggan yang ingin membeli durian meminta penjualnya untuk buka kulitnya terlebih dahulu. Nah, jika pembeli tidak jadi beli biasanya penjual akan merekatkan kembali permukaan kulit menggunakan patahan anak korek api.

5. Pilih aromanya yang tajam

Beauty, durian yang sudah tua dan matang akan memiliki aroma yang sangat tajam bahkan sebelum kulitnya terbuka. Aroma tersebut akan terasa di bagian ujung. Maka dari itu Beauty pilih yang aromanya tajam.

6. Jangan Pilih yang suaranya nyaring

Beauty, jika kamu pecinta durian, kamu pasti tahu cara memilih durian dengan cara dipukul dengan punggung pisang akan menghasilkan suara 'bug-bug' yang menandakan durian matang. Sementara yang belum matang akan menghasilkan suara nyaring.

Cara itu bisa digunakan jika kamu sering memilihnya sebaiknya tak menggunakan cara ini karena akan sulit mencari perbedaan antara yang sudah matang atau belum.

7. Jangan pilih yang layu

Beauty, durian yang sudah lama tak laku, pasti akan layu, apalagi jika dipetik masih muda. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari tangkai buah yang mulai keriput dan berwarna hitam. Hindari durian dengan tangkai ini karena pasti isinya jelek.

Tapi kamu harus waspada karena biasanya penjual membuang tangkainya yang layu agar dianggap durian yang baru dipetik.

8. Pilih tangkai yang hijau

Berbeda dengan yang layu, durian yang matang dan enak biasanya ditandai dengan tangkai berwarna hijau kecoklatan dan memiliki patahan sempurna dan bergerigi. Jadi ujung tangkainya tak akan licin atau rapi seperti hasil irisan pisau pedagang.

Itulah 8 cara memilih durian yang bisa Beauty terapkan.

Artikel Pilihan