Menu

Sering Pegal-Pegal, Asam Uratkah? Begini Cara Atasinya!

16 Maret 2021 09:45 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang memegang kaki. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pegal-pegal sering dikaitkan dengan gejala meningkatmya kadar asam urat yang tinggi atau hiperurisemia. Hal ini terjadi akibat adanya penumpukan asam urat.

Penumpukkan asam urat yang tinggi dapat memicu timbulnya kristal asam urat yang menumpuk di sendi sehingga menyebbakan keluhan nyeri dan pembengkakan sendiri. Kondisi asam urat tinggi mengakibatkan persendian terasa nyeri, panas, bahkan membengkak.

Biasanya gejala asam urat tinggi sering muncul di persendian. Umumnya gejala ini sering muncul pada jempol kaki, jari tangan, lutut, dan pergelangan kaki.

Penyakit asam urat disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eskternal. Faktor internal adalah keturunan, usia, dan jenis kelamin. Adapun faktor eksternal yang menyebabkan asam urat menjadi tinggi yaitu mengonsumsi obat-obatan, obesitas, dan mengonsumsi makanan yang mengandung purin.

Penyakit asam urat paling banyak diderita oleh pria. Hal pria gak memiliki kadar estergoen yang tinggi sedangkan wanita memiliki kadar estrogen yang tinggi. Hormon estrogen yang bisa mengurangi kadar asam urat dan memperlancar pengeluaran purin berlebih pada saluran urine.

Dilansir dari berbagai sumber (16/03/2021), berikut cara mengatasi penyakit asam urat tinggi

Meredakan Gejala Asam Urat dengan Es Batu

Gejala umum asam urat adalah rasa nyeri pada persendian. Orang yang mengalami gejala ini pun beragam ada yang merasakan persendian panas seperti terbakar, persendian kaku hingga membengkak, dan persedian gatal. Banyak juga yang mengalami gejala gak bisa bergerak.

Kamu gak perlu panik, gejala asam urat bisa diredakan dengan es batu. Kamu hanya perlu mengompres es batu pada bagian persendian yang terasa nyeri, dengan begitu rasa nyeri akan berkurang bahkan hilang.

Membatasi Mengonsumsi Makanan Tinggi Purin

Salah satu penyebab asam urat adalah sering mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin tinggi. Oleh karena itu, cara sederhana untuk mengatasi atau menurunkan kadar asam urat dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung purin.

Makanan yang mengandung purin tinggi yaitu makanan yang memiliki kadar asam urat tinggi. Adapun makanan yang mengandung purin tinggi diantaranya jeroan, daging abbi, daging kalkun, ikan, kerang, daging domba, daging sapi muda, dan kembang kol.

Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat memicu kadar asam urat yang tinggi. Maka dari itu, menjaga berat badan agar tetap ideal sangat diperlukan untuk mengatasi kadar asam urat yang tinggi.

Berat badan berlebih menghasilkan lebih banyak senyawa asam urat dibanding sel otot. Setiap kenaikan berat badan akan membenani ginjal yang bertugas menyaring asam urat. Tetapi menurunkan berat badan secara cepat juga dapat meningkatkan kadar asam urat.

Banyak Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya dapat menurunkan kadar asam urat. Hal ini disebabkan cairan dapat membantu kerja ginjal dalam menyaring asam urat lalu membuangnya melalui urine.

Jadi sudah tahukan bagaimana cara menurunkan kadar asam urat? Sebelum terjadi komplikasi, sebaiknya kamu bisa atasi dari sekarang. Mulailah dengan hal yang sederhana yaitu mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur.