Menu

Gini Aksi Mom Uung dan Lazada Sebarkan Semangat Pemberdayaan Perempuan untuk Sambut Hari Kartini

17 April 2025 22:14 WIB

Mom Uung dan Lazada perluas dampak pemberdayaan perempuan Indonesia (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Perjuangan perempuan masa kini salah satunya tercermin dari proses menyusui sang buah hati yang ternyata penuh tantangan, mulai dari kurangnya edukasi hingga minimnya dukungan dari keluarga. 

Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April nanti, brand lokal asal Surabaya yakni Mom Uung menegaskan komitmennya sebagai brand produk ibu menyusui yang membawa misi dan semangat pemberdayaan perempuan Indonesia dalam setiap langkah bisnisnya.

Data dari WHO menunjukkan bahwa pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif merupakan langkah pertama dan utama dalam mencegah stunting pada anak. 

Di Indonesia, prevalensi stunting masih tergolong tinggi, di angka 21,5%, dan ditargetkan turun menjadi 18% di tahun 2025 ini. Di balik urgensi pentingnya ASI untuk pencegahan stunting, banyak ibu yang merasa sendiri, kewalahan, dan kurang dukungan saat menjalani masa menyusui.

Hal inilah yang dirasakan langsung oleh Jonathan dan Uung, pasangan suami-istri di balik lahirnya Mom Uung. 

Mereka menyadari bahwa mengASIhi lebih dari sekadar proses biologis, karena pengalaman pribadi Uung dalam menghadapi tantangan menyusui, mulai dari rasa lelah, nyeri, hingga kekhawatiran akan tumbuh kembang anak. 

Sebagai bapak dan ibu menyusui, mereka sadar menyusui adalah bentuk kasih sayang tertinggi sekaligus perjuangan penuh pengorbanan seorang ibu.

Berangkat dari itu, Mom Uung lahir sebagai #SahabatPejuangASI, yang tak hanya menyediakan produk pendukung menyusui seperti ASI booster, camilan sehat, dan pompa ASI, tapi juga menjadi ruang aman untuk para ibu menyusui dengan menyediakan layanan konsultasi gratis 24 jam setiap hari

“Kami memahami betul bahwa menyusui adalah fase indah yang tak selalu mudah dijalani. Banyak ibu yang merasa sendiri, bingung, bahkan kewalahan saat melaluinya. Karena itu, kami hadir sebagai #SahabatPejuangASI, teman yang saling menguatkan dan menemani para ibu di masa transisi penting ini,” jelas Pendiri dan Pemilik Mom Uung, Jonathan Handoko Putra.

Perjalanan Mom Uung dipusatkan pada komunitas para ibu. Dimulai dari pendekatan langsung dan berbincang mengenai perjalanan menyusui mereka, Jonathan & Uung membangun sebuah komunitas yang kini telah menjangkau lebih dari 200.000 ibu di seluruh Indonesia. Melalui komunitas ini, Mom Uung membuka ruang diskusi, edukasi, dan dukungan yang nyata bagi para anggotanya dengan menyediakan layanan konsultasi gratis dengan konselor bersertifikat.

Sejak 2019, Mom Uung Perluas Jangkauan dan Dampak Nyata dengan Tumbuh Bersama Lazada 

Setelah komunitasnya tumbuh pesat, pada 2019, Mom Uung memutuskan untuk memperluas jangkauan melalui platform digital dengan bergabung ke Lazada Indonesia (Lazada). 

Keputusan ini menjadi langkah strategis untuk menjangkau lebih banyak ibu di berbagai daerah yang tak bisa dijangkau secara langsung. Bersama Lazada, Mom Uung menemukan mitra yang tak hanya menawarkan kanal penjualan, tetapi juga berbagi semangat yang sama dalam mendukung pelaku usaha lokal dan perempuan.

Melalui ekosistem Lazada dengan berbagai fitur teknologi dan program kampanyenya, Mom Uung dapat memaksimalkan skala bisnis dan kedekatan dengan pelanggannya. 

Selain aktif dalam kampanye seperti promo tanggal kembar dan festival belanja online, Mom Uung juga memanfaatkan program seperti Gratis Ongkir, Voucher Toko, serta bergabung pada program LazAffiliates untuk menjangkau audiens yang lebih luas lewat jejaring digital dan para pembuat konten. Selain itu, Mom Uung juga memanfaatkan data dan wawasan yang tersedia di dashboard Seller Center Lazada untuk memahami perilaku konsumen serta pengelolaan dan kinerja toko.

“Kami bangga dapat menjadi bagian dari perjalanan brand lokal seperti Mom Uung yang membawa misi mulia dalam memberdayakan perempuan. Semangat ini sejalan dengan komitmen kami di Lazada untuk membangun ekosistem digital yang memberdayakan, inklusif, dan berkelanjutan,” ungkap Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo.

Mom Uung juga terus menunjukkan pertumbuhan positif di platform Lazada, dengan tingkat keberhasilan kampanye yang tinggi dan performa toko yang stabil. Dalam kampanye Ramadan Mega Sale lalu, Mom Uung mencatat peningkatan jumlah pesanan hingga lebih 2 kali lipat dibandingkan hari biasa. 

“Lazada memungkinkan kami untuk berkembang secara berkelanjutan. Sejak bergabung di 2019, kami bisa menjangkau lebih banyak pelanggan yang sejalan dengan misi kami. Fitur seperti Seller Center dan program LazAffiliates sangat membantu kami memahami perilaku konsumen dan menjangkau pelanggan yang lebih luas,” ungkap Jonathan.

Dengan Semangat Kartini, Mom Uung Lanjutkan Komitmen Dukung Pemberdayaan Perempuan

Didasari dengan dukungan pada perempuan, Mom Uung tak hanya berjualan produk, tapi juga mengedukasi dan memberdayakan perempuan Indonesia. Berdasarkan data komunitas Mom Uung, terdapat sebanyak 87% ibu yang tergabung berhasil beralih dari susu formula ke ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan anak. 

Kini, Mom Uung melanjutkan misinya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menyusui lanjutan setelah memasuki masa Makanan Pendamping ASI (MPASI). Fase ini sering kali diabaikan, di mana angka keberlanjutan menyusui menurun drastis hingga hanya 5–10% yang dikarenakan banyak ibu yang harus bekerja sehingga sulit untuk melanjutkan pemberian ASI.

Melihat tantangan yang dihadapi para ibu pekerja, Mom Uung meluncurkan alat pompa ASI sebagai produk terbaru mereka. Inovasi ini bukan sekadar penambahan SKU, tapi merupakan bagian dari dukungan dan solusi terhadap para ibu multi-tasker. Dengan pompa ASI, para ibu, terutama ibu pekerja, bisa tetap mewujudkan mimpinya dan melanjutkan karier, tanpa harus mengorbankan perannya sebagai Ibu.

Dalam momentum Hari Kartini, Mom Uung berkomitmen melanjutkan pemberdayaan perempuan dalam bentuk dukungan emosional dan akses terhadap produk berkualitas melalui platform eCommerce seperti Lazada. Ke depannya, Mom Uung dan Lazada akan membuka lebih banyak ruang bagi perempuan Indonesia untuk tumbuh, bermimpi, dan menjalani berbagai peran di hidupnya.

“Kami percaya bahwa ekonomi digital seharusnya menjadi ruang yang inklusif dan transformatif, terutama bagi perempuan. Kolaborasi kami dengan Mom Uung adalah bukti bahwa ketika teknologi bertemu dengan misi yang kuat, dampaknya bisa begitu besar bagi komunitas. Ke depannya, kami akan terus mendukung pertumbuhan brand lokal seperti Mom Uung agar bisa menjangkau dan memberdayakan lebih banyak perempuan di seluruh Indonesia,” tutup Amelia.

Artikel Pilihan