Menu

TCL Indonesia Gunakan Inovasi Berbasis AI untuk Dukung Gaya Hidup yang Efisien dan Penuh Peluang

02 Mei 2025 23:14 WIB

ilustrasi perabot rumah tangga berbasis AI (istimewa)

HerStory, Jakarta —

Beauty, saat ini kamu pasti tahu jika teknologi semakin maju dan kita makin berdampingan dengan kecerdasan buatan atau AI. Nah, bicara soal AI, ternyata TCL yang merupakan merek global di industri elektronik dan produk pintar, kembali menegaskan komitmennya dalam membentuk masa depan yang lebih cerdas melalui peluncuran berbagai inovasi berbasis AI.

Inovasi tersebut dihadirkan dalam ajang National Dealer Gathering 2025 di Jakarta. Dengan mengusung tema “Dare to Dream, Win the Future”, acara ini menjadi momentum penting bagi TCL untuk mempererat hubungan dengan para mitra dealer serta memperkenalkan strategi dan visi jangka panjangnya di Indonesia.

Sebagai bagian dari strategi global, TCL resmi menjadi Mitra Resmi Olimpiade untuk periode 2025 hingga 2032. Kolaborasi ini mencerminkan nilai-nilai bersama antara teknologi, inovasi, dan semangat sportivitas, dan ternyata nilai-nilai tersebut pun  diusung TCL dalam setiap produknya untuk masyarakat Indonesia. 

Sekarang ini, fokus TCL tetap pada pengembangan inovasi yang relevan dengan kebutuhan konsumen lokal, dari hiburan rumah hingga perangkat rumah tangga yang cerdas.

General Manager Asia Pacific Business Group TCL Industries, Griffin Zhang, menyampaikan bahwa Indonesia merupakan pasar strategis di kawasan Asia Pasifik. 

“Kami akan terus meningkatkan investasi lokalisasi, memperluas jaringan ritel premium dan e-commerce, serta membawa lebih banyak inovasi untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia,” ujar Zhang.

Tahun 2025 menjadi tonggak penting bagi TCL Indonesia, dengan pencapaian signifikan di seluruh lini produk. Penjualan AC tumbuh sebesar 140% pada kuartal pertama, sementara kulkas dan mesin cuci mencatat lonjakan hingga 250%. Pangsa pasar TV TCL juga terus meningkat selama lima tahun berturut-turut, mencerminkan sambutan positif masyarakat terhadap teknologi TCL.

TCL memperkenalkan deretan produk berbasis AI yang siap mendukung gaya hidup modern dan terkoneksi sehingga memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, mulai dari televisi, AC, Air Purifier, hingga Kulkas.

Peluncuran ini memperkuat komitmen TCL dalam menciptakan ekosistem rumah pintar yang efisien, nyaman, dan berkelanjutan untuk keluarga Indonesia.

Brand Ambassador TCL Indonesia, Denny Sumargo, turut menyuarakan antusiasmenya terhadap lini produk TCL. 

“Saya tidak sabar untuk memakai semua barang elektronik saya dirumah baru saya dengan product TCL mulai dari AC, Kulkas, Mesin Cuci dan tentunya TV. Karena saya tau kualitas TCL dan inovasi-inovasinya tidak diragukan lagi,” ujarnya.

Sementara itu, CEO TCL Indonesia, Mr. Evan Tang, menegaskan bahwa langkah TCL saat ini merupakan bagian dari perjalanan panjang dalam membentuk masa depan yang lebih cerdas. 

“Langkah ini menjadi bagian dari perjalanan besar untuk membentuk masa depan yang lebih cerdas, efisien, dan penuh peluang bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Evan.