Fio Carpet (istimewa)
Komitmen terhadap pertumbuhan industri kreatif nasional kembali ditegaskan oleh Fio Carpet melalui peluncuran koleksi karpet premium hasil kolaborasi bersama jenama lokal Sejauh Mata Memandang dan seniman visual kenamaan Eko Nugroho. Produk eksklusif ini tidak hanya menonjolkan estetika dan keberlanjutan, namun juga menjadi wujud nyata sinergi lintas sektor dalam mendorong ekonomi kreatif Indonesia.
Diperkenalkan secara resmi di The Space, Plaza Indonesia, koleksi ini diproduksi secara terbatas dengan teknik sulam tangan (hand-tufted) menggunakan wool alami terbaik. Koleksi karpet berukuran 2x3 meter dan keset 52x72 cm ini memadukan ikon visual Sejauh Mata Memandang dengan sentuhan artistik khas Eko Nugroho.
Emeralda, Business Manager Fio Carpet, menegaskan bahwa inisiatif ini menjadi bagian dari strategi perusahaan dalam mendukung ekosistem kreatif lokal.
“Koleksi karpet eksklusif ini menggunakan bahan wool alami sebagai material utama karena sifatnya yang nyaman, tahan lama, dan ramah lingkungan dengan mengusung konsep long-lasting wear sebagai antitesis dari fast fashion. Karpet ini tersedia dalam ukuran 2x3 meter untuk menyesuaikan kebutuhan ruangan, dengan jumlah terbatas, dan hanya dapat dipesan berdasarkan permintaan. Selain itu, kami juga menghadirkan koleksi keset berukuran 52x72 cm. Koleksi ini menampilkan perpaduan unik antara ikon khas Sejauh Mata Memandang dan sentuhan visual artistik dari Eko Nugroho. Kolaborasi ini memperkuat komitmen kami dalam menghadirkan produk yang tidak hanya estetis, tetapi juga fungsional bagi para pecinta desain interior,” ujar Emeralda.
Dukungan terhadap ekonomi kreatif juga datang dari mitra industri interior, seperti TACO. Anastasia Tirtabudi, Vice President Brand Marketing & Corporate Communication TACO, menilai kolaborasi ini sebagai momentum penting dalam memperluas ruang keterlibatan industri interior dalam ekosistem seni dan desain.
“Pameran kolaborasi lanjutan ini menjadi momentum bagi TACO untuk dapat terus menampilkan koleksi produk inovatif kami, mulai dari TACO HPL Ultimate, TACO Essential, hingga TACO Vinyl Flooring yang memperkuat dimensi estetika dari keseluruhan pengalaman pameran. Kolaborasi ini juga merupakan bagian dari komitmen kami terhadap perkembangan industri kreatif Indonesia, yang sejalan dengan semangat kolaboratif yang juga diusung oleh Fio Carpet,” ungkap Anastasia.
Chitra Subyakto, Founder & Creative Director Sejauh Mata Memandang, menilai langkah Fio Carpet sebagai bentuk kontribusi nyata pelaku industri interior terhadap penguatan narasi budaya lokal.
"Koleksi Fio Carpet juga selalu membawa narasi budaya dan sosial yang kuat, sehingga hal ini sejalan dengan Sejauh Mata Memandang yang juga menjadi medium ekspresi kreatif Indonesia,” jelas Chitra.
Felix Tjahyadi, Creative Director sekaligus co-designer proyek ini, melihat kolaborasi tersebut sebagai kesempatan memperluas jangkauan karya ke publik yang lebih luas.
“Sejauh, TACO, dan Fio Carpet sudah menjalin kolaborasi dan saling mendukung selama 6 tahun. Pada kesempatan kali ini bersama Fio Carpet, kami menerjemahkan karya Sejauh Mata Memandang x Eko Nugroho kedalam karpet eksklusif dengan jumlah terbatas. Semoga hasil kolaborasi ini bisa dinikmati dan menjadi karya yang berharga untuk di koleksi,” tambah Felix.
Sementara itu, aktris dan aktivis lingkungan Nirina Zubir yang hadir mewakili seniman Eko Nugroho menyambut antusias peluncuran koleksi ini. “Kolaborasi ini bukan sekadar soal desain, tapi juga soal cerita dan nilai di baliknya. Koleksi karpet Fio Carpet dengan Sejauh Mata Memandang x Eko Nugroho ini bukan hanya mempercantik ruangan, tapi juga membawa pesan hidup keberlanjutan yang bisa kita rasakan setiap harinya,” ujar Nirina.
Koleksi eksklusif ini tersedia secara terbatas di outlet Sejauh Mata Memandang dan showroom Fio Carpet di Darmawangsa. Ke depan, Fio Carpet menyatakan akan terus memperluas kolaborasi strategis demi memperkuat kontribusi terhadap perkembangan ekonomi kreatif di tanah air.