Menu

Moms, Lakukan 4 Hal Ini Supaya Si Kecil Tak Rewel saat Diajak Tarawih

09 April 2021 14:45 WIB

Anak di masjid. (Pinterest/azm)

HerStory, Bandung —

Orang tua kerap kerepotan saat anak ingin ikut menjalankan sholat tarawih. Di satu sisi, orang tua ingin mulai memperkenalkan dan mengajarkan sholat tarawih kepada anak. Tapi di sisi lain orang tua juga khawati apakah mereka dapat mengontrol sang anak saat menjalankan sholat tarawih.

Perilaku anak yang tak bisa ditebak membuat para orang tua pastinya was-was dan kerepotan, apalagi berada ditempat ibadah yang diisi oleh banyak orang. Sekalipun sholat tarawih dilaksanakan di rumah, kewajiban untuk menjaga anak juga harus tetap dilakukan.

Ada beberapa cara sebenarnya yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak tak rewel saat diajak ikut sholat tarawih. Dengan cara ini, para orang tua pasti bisa fokus beribadah karena tak terganggu dengan kejahilan anak.

Berikut empat tips agar anak tak rewel saat ikut sholat tarawih seperti dikutip dari berbagai sumber, (09/04/2021).

Pastikan Anak Sudah Cukup Makan

Tips agar anak tak rewel yang pertama ialah memastikan bahwa si kecil sudah mendapatkan makan yang cukup. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi sikap anak. Anak biasanya akan mudah rewel ketika mereka merasa lapar.

Bahkan, anak juga bisa sampai menangis apabila ia merasa lapar. Maka itu, orang tua harus peka dengan hal ini. Sebelum shalat tarawih, pada saat berbuka puasa, pastikan anak sudah dalam kondisi kenyang.

Menyediakan Mainan

Kedua, tips agar anak tidak rewel saat ikut sholat tarawih ialah dengan menyediakan peralatan mainnya. Cara ini cukup ampuh untuk memberikan distraksi kepada sang anak agar ia tak rewel.

Ketika ia mendapatkan peralatan mainnya pasti perhatiannya akan tertuju pada mainan tersebut dan menjadi tak rewel. Dengan begitu, orang tua bisa fokus mengerjakan sholat tarawih sekaligus tidak merasa was-was terhadap sang anak karena mereka sedang bermain dengan dunianya.

Pakai Teknik Reward

Ketiga, tips agar anak tak rewel saat ikut shalat tarawih ialah dengan menggunakan teknik reward. Teknik klasik ini sangat efektif untuk memastikan anak agar tak rewel dengan cara yang diplomatis.

Orang tua bisa berkomunikasi pada anak dengan memintanya untuk tak rewel selama mereka menjalankan sholat tarawih. Ketika anak berhasil menuruti perintah maka, ia berhak mendapatkan reward. Rewardnya bisa bermacam-macam, misalnya makanan favoritnya atau benda yang sedang diinginkan.

Orangtua Menjadi Contoh

Masa kanak-kanak adalah masa di mana mereka akan meniru apa yang dilihatnya dan keluarga adalah sosialisasi pertama dalam hidupnya. Maka itu, jika orang tua ingin anaknya tak rewel, maka mereka harus bisa memberikan contoh bagaimana caranya untuk tertib. Misalnya pada saat akan shalat, orangt ua meminta anak untuk memperhatikan. Secara tak langsung, apa yang dilihatnya akan terekam dalam memorinya dan ia ikuti.