Menu

Waduh! Si Kecil Menolak Diajarkan Toilet trainig? Begini Tipsnya Moms!

11 April 2021 15:30 WIB

ilustrasi ibu dan anak sedang mengobrol (pexels/ketut subiyanto)

HerStory, Jakarta —

Moms si kecil sudah memasuki usia balita? Ajarkan toilet trainig ya agar anak gak ngompol lagi.

Menyaksikan dan mengajarkan langsung dalam tumbuk kembang si kecil adalah pengalaman yang sangat beharga bagi seorang ibu. apalagi banyak tragedi seperti anak yang menolak untuk melakukan toilet trainig.

Memberi pelajaran atau melatih si kecil dalam melakukan apapun memang memerlukan kesabaran ekstra, termasuk melatih toilet trainig. Moms gak bisa langsung memaksakan anak untuk bisa mengikutinya.

Toilet trainig merupakan mengajarkan anak untuk membuang hajatnya sendiri. Apa lagi si kecil sudah beranjak balita, hal ini patut untuk diajarkan agar si kecil terbiasa.

Mengajarkan toilet trainig memang gak semudah membalikan telapak tangan. Banyak hal-hal yang dialami si kecil sehingga terdapat ketakutan dan menolaknya.

Dilansir dari berbagai sumber (11/04/2021), berikut tips melatih si kecil yang menolak diajarkan toilet trainig.

Jangan Memaksakan Anak

Meskipun anak sudah beranjak balita, Moms gak bisa langsung memaksakannya agar terbiasa dengan toilet trainig. Gak memaksa anak adalah hal yang sederhana dan mudah dilakukan dalam menjaga tumbuh kembang anak.

Moms dapat melatih si kecil secara bertahap. Pastikan anak tahu bahwa Moms selalu siap sedia untuk membantunya kapan pun dia membutuhkan. Memaksakan anak dapat membuatnya merasa tertekan sehingga akan menimbulkan efek samping.

Menjelaskan Pakain Dalam

Moms bisa menjalaskan dan memberi pemahaman mengenai pakain dalam. Moms beri tahu bahwa seusianya harus sudah beralih dari penggunaan popok ke pakaian dalam seperti yang dikenakan oleh Moms atau ayahnya.

Selanjutnya, Moms memberikan pemahaman bahwa si kecil dapat menggunakan toilet kapapun ia mau dan dia butuhkan. Jangan terlalu terburu-buru dalam memberikan penjelasan ya Moms karena sang anak bisa frustasi.

Berikan Pengharagaan

Jika si kecil sudah memiliki kemajuan dalam toilet trainig, Moms bisa memberikan penghargaan kecil kepada dirinya. Sekecil ataupun sesederhana penghargaan yang didapatkan oleh anak, akan berbekas dan sangat bermakna.

Moms bisa menawarkan hadiah sederhan seperti stiker keberhasilan toilet trainig setiap anak telah berhasil melakukannya. Jika stiker sudah banyak terkumpul, Moms bisa tawarkan penukaran kepada si kecil. Hal ini dapat memotivasi si kecil agar berani mencoba toilet trainig.

Nah, jadi mudahkan untuk mengajarkan si kecil toilet trainig? Lakukan semuanya dengan penuh kesabaran ya Moms!