Menu

Ingin Berlibur ke Jambi? Ini Dia Destinasi Wisata yang Harus Kamu Kunjungi, Ada Danau Tertinggi di Asia Tenggara Lho!

12 April 2021 12:30 WIB

Danau Teluk Jambi (Disparbud Kota Jambi/ Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Jambi merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang menawarkan beraneka ragam destinasi wisata. Ada danau tertinggi di Asia Tenggara yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berlibur ke Jambi.

Gak hanya dikenal sebagai Kota Melayu, Jambi pun memiliki sederet destinasi wisata yang memanjakan mata dan memiliki daya magnet tersendiri bagi para pengunjungnya. Destinasi wisatanya pun beragam mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah pun ada.

Jambi merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi adalah salah satu nama provinsi di Indonesia yang ibu kotanya sama dengan nama provinsinya, yaitu Kota Jambi.

Mayoritas masyarakat Jambi memeluk agam Islam. Namun ada juga yang memeluk agama lainnya seperti Kristen Protestan, Kristen Katolik, Buddha, Hindu, dan Konghucu.

Provinsi jambi memiliki flora dan fauna langka yang dilindungi oleh Negara. Untuk floranya yaitu pinang merah dan faunya adalah harimau sumatra. Oleh karena itu, Jambi memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dilansir dari berbagai sumber (12/04/2021), berikut destinasi wisata yang ada di Jambi.

Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 1.950 mdpl. Danau ini terletak di Desa Pelompek dengan luas 960 hektar.

Danau Gunung Tujuh dikelilingi oleh tujuh gunung aktif yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh. Di Danau Gunung Tujuh, wisatawan dapat menyewa sampan nelayan untuk menjelajahi dan menikmati keindahan danau.

Pulau Penyu

Pulau penyu adalah pulau gak berpenghuni yang terletak di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pulau ini menjadi tempat penyu meletakan penyunya. Pengunjung pun dapat melihat penyu, menikmati kelembuatan pasir dan menyaksikan panorama sunset yang syahdu.

Pengunjung dapat menggunakan speedboat dari Pelabuhan Nipah Panjang ke Pulau Berhala . Kemudian pengunjung dapat menyewa pompong miliki penduduk untuk akses ke Pulau Penyu. Dari Pulau Berhala ke Pulau Penyu hanya memakan waktu 10 menit.

Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Jambi, letaknya di Desa Muara Jambi. Candi merupakan candi Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara dengan luas 3981 hektar. Candi ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang dijadikan tempat menempuh pendidikan pada saat itu.

Danau Teluk Jambi

Danau Teluk menjadi salah satu destinasi wisata pilihan pengunjung. Di danau ini, pengunjung dapat melihat dua pulau yaitu Pulau Fabe dan Pulau Timbul. Pengunjung dapat mengunjungi kedua pulau itu dengan menggunakan getek atau perahu dari Danau Teluk Jambi.

Wah, destinasi wisata di Jambi sangat ekositis ya. Pasti kamu sudah gak sabar kan ingin berlibur ke sana? Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ya!

Share Artikel:

Oleh: Rifani Indrianti