Menu

Jangan Lewatkan! Dahsyatnya Berdoa Menjelang Buka Puasa

15 April 2021 13:00 WIB

Berdoa. (Pinterest/Nervana Gohar)

HerStory, Bandung —

Berdoa merupakan cara manusia untuk meminta dan berserah kepada Tuhan. Setiap keluhan hidup yang dirasakan hendaknya mengadukannya kepada Maha Pencipta. Sang Maha Segalanya pun akan mendengar setiap doa tulus yang dipanjatkan hambanya.

Di dalam agama Islam ada beberapa doa paling mustajab. Di mana doa tersebut tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Salah satu doa mustajab itu ialah doa orang-orang mukmin saat akan menjelang berbuka puasa.

Dikutip dari berbagai sumber, (15/04/2021) hendaknya seorang muslim dalam keadaan suci (sudah berwudhu) mengadahkan tangan ke langit selama 10-15 menit, untuk berdoa dan meminta segala sesuatunya kepada Allah.

Ketika orang tersebut berdoa meminta apa saja kepada Allah SWT, doanya seketika akan diterima oleh Allah. Namun, sebaiknya doa yang dipanjatkan diawali dengan puji-pujian kepada Allah dan salawat Nabi.

"Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzalimi," (HR. Tirmidzi).

Saat sebelum berbuka puasa hendaklah jadikan momen untuk meminta ampun kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Mengabulkan segala sesuatu permintaan hambanya.

"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan doa kalian. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina," (QS. Ghafir ayat 60).

Artikel Pilihan