Menu

Meski Sangat Cinta, 5 Masalah Ini Jadi Penyebab Perceraian Lho! Apa Saja Ya?

29 April 2021 12:00 WIB

Ilustrasi sepasang kekasih (Unsplash/Milan Popovic)

HerStory, Jakarta —

Saat sudah memutuskan untuk menikah, berarti kamu akan menjalani kehidupan berumah tangga dengan seseorang yang kamu cintai. Dalam berumah tangga, ada banyak masalah yang akan menghampirimu. Mulai dari masalah kecil yang mudah diselesaikan, bahkan sampai masalah besar yang memicu perceraian.

Dilansir dari berbagai sumber (29/04/2021), berikut ini merupakan masalah-masalah yang bisa menyebabkan perceraian meski awalnya sama-sama saling mencintai. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Masalah seks

Masalah berhubungan intim dengan suami juga dapat memicu masalah besar di keluargamu. Ketidaknyamanan dan ketidakpuasan dalam hubungan seks bisa mengurangi keintimanmu dengan pasangan. Kalau enggak ada komunikasi yang saling terbuka terkait seks, masalah ini akan berlarut-larut dan akhirnya bisa menghapus rasa cinta.

Masalah waktu

Walaupun sudah tinggal dalam satu atap yang sama, pasangan suami dan istri juga membutuhkan waktu untuk berdua saja. Terlalu sibuk dengan pekerjaan masing-masing akan membuat segalanya terasa hambar. Ikatan cinta bisa semakin renggang dan akhirnya enggak ada lagi rasa peduli untuk mempertahankan cinta yang sudah dibangun.

Masalah anak

Dalam hubungan rumah tangga, masalah terkait anak juga dapat memicu perceraian, lho. Mulai dari masalah perbedaan pendapat soal pola asuh anak, pembagian peran mengurus anak, hingga masalah lainnya. Nah, kalau masalah ini enggak ada solusinya, hubungan rumah tanggamu akan terancam cerai, lho. 

Masalah bagi peran

Masalah pembagian peran juga kerap kali menjadi rumit. Pekerjaan rumah tangga yang terlihat sepele, tapi enggak ada pengertian yang baik akan menimbulkan masalah. Apalagi kalau saling menuduh dan menyalahkan, masalah enggak akan selesai. Perasaan yang terluka dan tersinggung bisa jadi pemicu perceraian, lho

Masalah keuangan

Masalah keuangan bisa menjadi penyebab terjadinya perceraian. Dari awal, seharusnya kamu dan pasangan diskusi soal masalah keuangan supaya enggak jadi masalah di dalam rumah tangga. Semua masalah cicilan, tagihan, dan lainnya sebaiknya dibicarakan baik-baik supaya enggak ada masalah besar nantinya.

Nah, itulah beberapa masalah yang akan muncul dalam pernikahan dan memicu terjadinya perceraian meskipun saling mencintai. Hati-hati, ya!

Artikel Pilihan