Menu

Wajib Dicoba! 4 Tips Jitu Jaga Keutuhan Rumah Tanggamu, Dijamin Bikin Tambah Harmonis!

05 Mei 2021 21:15 WIB

Wanita dan pria pelukan di atas ranjang (Unsplash/Toa Heftiba)

HerStory, Jakarta —

Setelah memutuskan untuk menikah dan hidup seatap bersama pasangan yang kamu pilih, berarti kamu juga harus siap menghadapi lika-liku perjalanan biduk rumah tangga. Memang enggak selalu bahagia, tapi semua masalah bisa diselesaikan kalau kamu dan pasangan sama-sama mencari solusi dan jalan keluarnya.

Meski masalah dan pertengkaran umum terjadi di dalam pernikahan, hal itu bisa dicegah dengan beberapa tips agar rumah tanggamu tetap utuh dan langgeng sampai maut memisahkan.

Dilansir dari berbagai sumber (05/05/2021), berikut adalah tips jitu untuk menjaga pernikahanmu agar tetap utuh dan harmonis. Apa saja ya? Yuk, simak tipsnya baik-baik, ya!

Komitmen

Untuk menjaga hubungan pernikahan, kamu dan pasangan harus berkomitmen agar rumah tangga bisa bertahan tanpa adanya perceraian. Pastikan kamu menunjukkan hal-hal kecil yang dapat membuatnya bahagia. Temani pasanganmu saat dia berada di titik terendah hidupnya. Jangan kamu khianati kepercayaannya, ya.

Kontrol emosi

Perselisihan di dalam rumah tangga itu sudah biasa terjadi. Semua pasangan pasti memiliki perbedaan pendapat. Namun, meskipun kamu dan pasangan memiliki pendapat yang berbeda, kalian harus tetap respek dengan satu sama lain. Dengarkan apa yang dikatakan pasanganmu dan ungkapkan pendapatmu dengan sopan.

Ingat, jangan melulu mengedepankan emosi, ya. Masalah enggak akan pernah selesai jika kamu dan pasangan sama-sama emosi dan keras kepala. Selesaikan semua masalah baik-baik, ya.

Interaksi

Salah satu alasan hancurnya rumah tangga adalah komunikasi yang buruk. Kamu dan pasangan perlu melakukan interaksi dan berkomunikasi secara efektif supaya enggak terjadi kesalahan dalam komunikasi.

Ktika berbicara dengan pasangan, pahamilah bahwa berkomunikasi sama dengan mendengarkan seperti halnya berbicara. Selain pentingnya komunikasi yang efektif, kepercayaan dan kejujuran juga jadi kunci keberhasilan rumah tangga.

Lakukan hobimu

Hubungan pernikahan yang sehat, mereka akan saling menghabiskan waktu untuk hobi dan minat masing-masing. Jangan takut untuk menghabiskan waktu sendiri dalam melakukan hal yang membuatmu bahagia.

Nanti, saat kamu sedang menikmati waktu berdua bersama pasangan, ini akan menjadi topik perbincangan yang menarik dan juga menyenangkan. Jadi, banyak hal yang bisa kamu ceritakan dengan pasangan, begitu juga sebaliknya.

Nah, itulah beberpa tips jitu yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keutuhan rumah tanggamu agar tetap bahagia dan harmonis. Yuk, langsung terapkan di kehidupan rumah tanggamu, Beauty!