Menu

Lebih Parah dari Selingkuh Fisik, Ini Bahayanya 'Perselingkuhan' Uang dalam Rumah Tangga

06 Mei 2021 19:30 WIB

Wanita membakar uang (Unsplash/Jp Valery)

HerStory, Jakarta —

Ada banyak masalah yang rentan menyerang biduk rumah tanggamu. Salah satunya adalah masalah perselingkuhan

Eits, perselingkuhan yang dimaksud bukan secara fisik tak setia, tetapi perselingkuhan dalam hal finansial. Survei menunjukkan bahwa sebagian besar orang lebih merasa sakit hati ketika diselingkuhi secara finansial dibandingkan dengan selingkuh fisik.

Salah satu tanda peringatan ada yang pasangan berbohong tentang uang. Kebohongan kecil tentang keuangan dapat lebih merusak dalam pernikahanmu lho.

Menyembunyikan di sini bisa seperti berbohong atas tagihan uang, berbohong membeli barang-barang, memiliki rekening bank rahasia, berbohong tentang utang dan  berbohong tentang jumlah uang yang diperoleh.

Terapis keluarga yang berbasis di Boston, Carleton Kendrick telah menjadi konseling pasangan selama lebih dari 30 tahun. Ia mengatakan bahwa berbohong soal uang  menjadi masalah besar dalam rumah tangga pada beberapa dekade terakhir.

"Alasan utama orang berbohong tentang uang kepada pasangan mereka adalah pragmatisme, kontrol, rasa bersalah dan enggak ingin pihak lain mengetahui berapa banyak uang yang dimilikinya," ujar Kendrick dilansir Verywell Family (6/5/2021).

Ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan jika curiga pasanganmu berbohong atau selingkuh secara finansial.

  • Perilaku mengontrol: pasanganmu bertanggung jawab untuk membayar tagihan dan tidak ingin kamu tahu apa-apa tentang keuangan keluarga.
  • Defensif: Ketika kamu ingin berbicara dengan pasangan tentang uang, dia menjadi defensif atau menolak untuk membahas keuangan.
  • Argumen keuangan: kamu berdua lebih sering berdebat tentang uang. Hal ini bisa memicu hilangnya kepercayaan terhadap pasangan soal keuangan
  • Pengalaman: Pasangan pernah berbohong kepadamu sebelumnya tentang uang. Ketika ini terjadi, tentu kamu akan terus curiga dengan hal-hal yang dilakukan apalagi soal uang
  • Intuisi: kamu hanya memiliki firasat bahwa pasanganmu menyembunyikan sesuatu terkait keuangan keluarga.
  • Berbohong: Pasangan berbohong kepada orang lain tentang pengeluaran atau pendapatan
  • Perubahan mendadak: Kebiasaan belanja pasangan berubah tiba-tiba.

Artikel Pilihan