Menu

Moms, Merasa Uang Cuma Numpang Lewat? Coba Atur Keuangan dengan Tips Ini Yuk!

21 Mei 2021 11:10 WIB

Seseorang wanita yang sedang menghitung uang (Unsplash/Sharon Mccutcheo)

HerStory, Bandung —

Moms, pernahkah kamu merasa kalau gaji cuma numpang lewat lalu habis begitu saja? Padahal, setelah dihitung-hitung penghasilan keluarga sangat cukup dan bisa untuk ditabung. Tapi kenapa kok habis terus, ya?

Kalau Moms merasa uang seharusnya bisa ditabung tapi habis melulu, mungkin ada yang salah dengan gaya hidup dan caramu dalam mengatur keuangan. 

Masih bingung dengan apa yang salah? Coba simak tips mengatur keuangan berikut ini seperti dikutip dari Finansialku, (21/05/2021).

Kenali pola pengeluaranmu

Kalau Moms merasa pendapatanmu cukup tapi selalu terasa kurang, Moms harus perbaiki dan kenali pola pengeluaran.

Caranya ambil kertas dan pen, lalu tulis semua transaksi yang Moms lakukan. Coba kumpulkan seluruh transaksi dalam 1 bulan, Moms pasti dapat mengidentifikasi pos mana yang paling boros.

Perbaiki pola pengeluaran

Pengeluaran pada dasarnya ada pengeluaran baik dan pengeluaran buruk. Pengeluaran baik adalah pengeluaran yang sifatnya kebutuhan dan golongan menabung, investasi. 

Pengeluaran buruk adalah pengeluaran yang sifatnya keinginan. Makan adalah sebuah kebutuhan, makan di restaurant bagi sebagian besar orang adalah keinginan.

Setelah Moms tahu apa yang harus diperbaiki, mulai buat anggaran. Anggaran dapat membantu memandu pengeluaran di bulan depan. 

Mulai Merencanakan dan Mengatur Keuangan Keluarga dan/atau Pribadi

Ada baiknya Moms mulai merencanakan keuanga keluarga dan/atau keuangan pribadi. Rencanakan mulai dari dana darurat, penuhi dana asuransi jiwa dan kesehatan, mulai merencanakan dana pendidikan, pensiun, dan rencana-rencana keuangan lainnya, ya Moms. 

Semoga bermanfaat!