Menu

Ngerasa Boros Selama Pacaran? Simak 5 Tips Ini Untuk Mengatasinya!

22 Mei 2021 16:30 WIB

Ilustrasi keluarga yang memikirkan pengelolaan keuangan (Seva.id/Edited by Herstory)

HerStory, Bandung —

Ada yang bilang, kalau pacaran itu butuh modal besar. Entah untuk jalan-jalan, makan bersama, nonton, atau sekadar memberi hadiah pada pasangan.

Sebenarnya bukan pacaran yang salah di sini. Tapi ada yang salah dengan caramu dan pasangan untuk mengelola keuangan.

Mungkin kamu berpikir dalam jangka pendek, kamu harus punya banyak waktu dan jalan-jalan terus sama pacar. Lalu kamu lupa, bahwa ada perencanaan jangka panjang yang udah harus kamu pertimbangkan. Misalnya untuk tabungan pribadi atau modal nikah.

Lalu apa sih yang harus dilakukan supaya gak boros selama pacaran? Yuk, simak 7 tips berikut seperti dikutip dari Finansialku, (22/05/2021).

1. Menentukan Prioritas

Pada umumnya, keuangan pasangan masih mengambang dan belum jelas. Itu karena dalam hubunganmu ada 2 orang yang sepenuhnya berbeda. Dengan kata lain, tantangan keuangan baru muncul, di mana kontrol keuangan bukan lagi sepenuhnya milikmu, tetapi milikmu dan pasangan.

Artinya, dibutuhkan penentuan prioritas baru disini. Kamu sebaiknya menentukan apa yang penting dalam hidupmu dan juga pasangan. 

Ini lah waktu yang tepat untuk berhenti memboroskan uang untuk sesuatu yang tidak dianggap penting dan mengutamakan kebutuhan berdua.

 2. Mulailah Mencatat Pengeluaran

“Ke mana saja uangmu habis bulan ini?”

Jika kamu gak bisa menjawabnya, tandanya kamu dan pasangan gak pernah mencatat pengeluaran dan pemasukan.

Padahal, mencatat pengeluaran dan pemasukan bisa sangat membantu untuk menabung, lho. Dengan tahu kondisi keuangan secara detail, kamu bisa mengestimasikan berapa banyak uang yang dapat dialokasikan untuk ditabung.

3. Menentukan Anggaran

Apa sebenarnya anggaran itu? Anggaran adalah alokasi dana yang direncanakan pada setiap periode tertentu. 

Biasanya hal ini baru dilakukan setelah kamu sudah mengetahui prioritas keuangan terlebih dahulu. Kalau sudah punya anggaran khusus, kamu pasti lebih mudah untuk mengatur keuanganmu.

4. Bekerja Sama dalam Menabung

Hidup berdua nanti lebih mahal, karena biaya hidup semuanya dikali dua. Namun ternyata banyak hal yang bisa dihemat untuk ditabung, lho. Misalkan saja biaya TV cable dan internet cukup satu saja untuk berdua.

Selain itu, carilah paket-paket atau bundle yang akan jauh lebih murah untuk berdua, misalnya dalam mendaftar membership gym. 

Dengan kerja sama dan menekan egoisme, kamu dan pasangan dapat menabung lebih banyak bersama-sama.

5. Memiliki Dana Darurat (Emergency Fund)

Mengatur keuangan memang satu hal penting, namun terkadang ada kejadian tak terduga di luar anggaran bulanan. Misalnya saja kamu di-PHK. Bagaimana mengatasinya?

Di situlah dana darurat berfungsi. Meski kamu ada di situasi sulit, dana darurat bisa membantu menopang perekonomianmu supaya gak terlalu jatuh.

Nah itu dia beberapa tips mengatur keuangan selama pacaran. Semoga bermanfaat!