Menu

Meski Sudah Menikah, Ini 3 Alasan Keuangan Suami dan Istri Tetap Harus Dipisahkan!

11 Juni 2021 18:30 WIB

Ilustrasi Pasangan Suami-Isteri (Freepik/Wayhomestudio)

HerStory, Jakarta —

Ketika sudah menikah, banyak pasangan yang memilih untuk menggabungkan keuangan mereka. Tujuannya adalah untuk mempermudah segala urusan pembayaran kebutuhan rumah tangga.

Namun, sebelum menggabungkan keuangan antara suami dan istri, pastikan kalau kamu dan pasangan sudah memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan. Dengan menggabungkan uang, maka kamu dan pasangan harus mengubah cara berbelanja dan menabung. 

Ingat ya Beauty, keuangan adalah salah satu hal yang paling sensitif di dalam rumah tangga, bahkan bisa menjadi masalah besar yang membuat keretakan dalam rumah tangga.

Melansir dari laman The Balance (11/6/2021), berikut inilah beberapa alasan mengapa di dalam rumah tangga keuangan harus dipisahkan. Yuk, simak baik-baik, ya!

Masalah perbedaan sifat

Mungkin kamu memiliki sifat boros dan pasanganmu adalah orang yang gemar menabung. Nah, kalau begitu mungkin sangat sulit untuk menggabungkan keuangan.

Penabung mungkin enggak mau menggabungkan uangnya karena ingin melindungi tabungannya. Sementara itu, si boros enggak mau bertanggung jawab dengan semua tagihan belanjanya.

Itulah masalah yang nantinya akan muncul kalau kamu dan pasangan berbeda sifat, tapi menggabungkan keuangan di dalam rumah tangga. Jangan sampai hal buruk terjadi, ya.

Masalah utang

Selanjutnya, jika kamu atau pasangan memiliki utang atau kartu kredit dengan jumlah besar, maka janganlah menggabungkan keuangan. 

Masalah utang atau kartu kredit sangatlah menakutkan. Kalau keuangan kamu dan pasangan digabung dan ternyata ada skor kredit yang buruk, maka akan sulit untuk membeli rumah atau yang lainnya.

Masalah kecanduan

Kecanduan adalah masalah yang rumit untuk diselesaikan. Kalau kamu dan pasangan menggabungkan uang dan ternyata salah satu di antara kalian ada yang kecanduan belanja atau yang lainnya, maka tabungan akan terkuras habis.

Ketika pasangan mengalami masalah kecanduan terhadap apapun, langsung konsultasikan kepada psikolog agar dapat ditangani dengan baik. Jangan sampai masalah kecanduan membuat keuangan keluarga habis tak tersisa.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa keuangan suami dan istri sebaiknya dipisahkan saja untuk menghindari hal-hal yang enggak diinginkan terjadi. Jangan sampai masalah keuangan jadi membuat hubunganmu retak, ya!