Menu

Beauty, Ingin Menikah di Tengah Pandemi? Yuk, Catat Dulu 5 Tips Memilih Vendor untuk Acara Spesialmu!

30 Juni 2021 10:00 WIB

Potret bahagia sepasang kekasih usai menikah (Unsplash/Samantha Gades)

HerStory, Jakarta —

Banyak pasangan kekasih yang melangsungkan pernikahan di tengah pandemi Covid-19. Namun, pernikahan yang berlangsung enggak boleh banyak mengundang tamu alias sangat terbatas.

Nah, makanya intimate wedding menjadi tema pernikahan yang tren di masa pandemi. Ada beragam keuntungan yang bisa didapatkan saat melakukan intimate wedding, seperti mematuhi protokol kesehatan, kualitas acara semakin intim, dan dapat memperkecil anggaran pernikahan.

Menurut survei yang telah dikumpulkan Bridestory di tahun 2020, perbedaan harga intimate wedding dengan pernikahan biasanya itu relatif. Namun, biaya pernikahan dengan tema intimate wedding berkisar antara Rp1 juta-Rp7,5 juta per pax. 

Gisela Setyawan, selaku Senior Head of Wedding Business Bridestory, memberikan beberapa tips untuk memilih vendor untuk melangsungkan pernikahan di tengah pandemi,

Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Sesuaikan dengan anggaran

Menetepakan anggaran pernikahan sangat penting untuk dilakukan. Kamu dan pasangan harus mencatat semua kebutuhan pernikahan sebelum memutuskan mencari vendor dan kebutuhan pernikahan lainnya.

"Membicarakan budget sebelum menikah itu penting untuk dilakukan. Selain itu, jumlah tamu juga harus dibicarakan di awal karena akan berdampak banyak pada anggaran," ujar Gisela Setyawan saat diwawancarai HerStory.

Lakukan riset

Sebelum memilih vendor pernikahan, kamu juga harus melakukan riset dan melihat portofolionya. Kamu bisa telusuri website atau media sosial vendor yang akan kamu pilih untuk melihat review-nya.

"Akan menjadi nilai tambah apabila vendor pernah menangani pelanggan dengan tema pernikahan yang calon pengantin inginkan," kata Gisela.

Cari vendor yang selalu update

Selanjutnya, kamu harus mencari vendor pernikahan yang selalu update tentang peraturan dan ketentuan yang berlaku. Hal tersebut penting dilakukan karena peraturan pernikahan di tengah pandemi akan terus berubah mengikuti lonjakan kasus Covid-19.

"Kalau misalnya vendor sudah mengerti, mereka akan tahu apa yang harus dilakukan ketika di hari H calon pengantin ingin mengundur acara pernikahannya atau hal-hal tak terduga lainnya," lanjutnya.

Pilih jasa dokumentasi terbaik

Di masa pandemi seperti sekarang ini, tamu yang menghadirkan acara pernikahan sangat terbatas. Makanya kamu harus pilih jasa dokumentasi terbaik dan dapat memfasilitasi kebutuhan streaming untuk tamu yang menyaksikan pernikahan dari rumah.

"Pandemi ini enggak boleh kumpul dalam jumlah banyak. Jadi, para calon pengantin bisa mengundang tamu untuk menonton acara pernikahan secara virtual," tambah Gisela.

Cari referensi online sebanyak-banyaknya

Sebelum menetapkan pilihan, pastikan kamu sudah mencari referensi vendor secara online. Pastikan juga kamu sudah mencari sebanyak-banyaknya untuk dijadikan perbandingan.

"Pastikan sudah memanfaatkan platform-platform digital, seperti Tokopedia dan Bridestory untuk mempermudah menemukan beragam kebutuhan. Baik dari souvenir sampai ke fotografer," jelas Gisela.

Nah, Beauty, itulah beberapa tips menentukan vendor untuk kamu yang ingin menikah di masa pandemi. Pastikan tips-tips di atas sudah kamu lakukan ya, supaya pernikahanmu berjalan dengan lancar!