Menu

Moms, Yuk Masak Daging dengan 3 Teknik Tanpa Presto! Dijamin Empuk Banget!

05 Juli 2021 19:15 WIB

Ibu yang sedang memasak. (Freepik/Pinterest)

HerStory, Jakarta —

Daging tentu selalu menjadi pilihan makanan favorit keluarga. Daging sapi atau kambing juga bisa diolah menjadi berbagai macam sajian masakan.

Daging paling enak dimakan kalau terasa empuk dan enggak alot saat digigit. Nah, biasanya presto menjadi salah satu cara yang digunakan supaya daging cepat empuk.

Melansir dari berbagai sumber (5/7/2021), ternyata tanpa menggunakan presto, daging juga bisa empuk kok. Bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa teknik memasak daging tanpa presto supaya empuk!

Teknik rendam daging

Teknik pertama yang bisa kamu lakukan adalah merendam daging dengan buah-buahan, seperti kiwi, nanas, pepaya, dan pir. Buah-buahan tersebut mengandung enzim protease yang dapat memecah protein di daging.

Sebagai contoh, kamu bisa merendam daging dengan parutan nanas yang dihaluskan. Lalu, diamkan selama dua sampai tiga jam sebelum daging dimasak. Dengan begitu, daging bisa jadi empuk deh.

Teknik 5-30-7

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan teknik 5-30-7 untuk memasak daging supaya empuk. Selain itu, teknik ini juga bisa menghemat waktu memasakmu.

Teknik ini dilakukan dengan cara merebus daging selama 5 menit dengan panci tertutup. Setelah 5 menit, kompor dimatikan, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, rebus kembali selama 7 menit supaya matang sempurna. Perlu diingat, jangan membuka tutup panci sampai selesai masak ya, Moms. 

Teknis sous vide

Teknik lainnya yang bisa kamu lakukan adalah sous vide. Teknik ini dilakukan dengan cara membungkus daging dalam kantong plastik kedap suara dan merendamnya dalam air bersuhu rendah.

Perkiraan waktu merendam menyesuaikan jenis daging yang ingin dimasak. Daging yang dibungkus plastik biasanya dicampur dengan bumbu, seperti lemon, minyak zaitun, dan bawang putih.

Moms, itulah beberapa teknik untuk memasak daging supaya empuk. Selamat mencoba, Moms!