Menu

Dikira Sehat, 5 Menu Sarapan Ini Ternyata Bisa Bikin Gemuk Lho!

06 Juli 2021 08:00 WIB

Ilustrasi menu sarapan. (Unsplash/Heather Ford)

HerStory, Sukabumi —

Sarapan merupakan jam makan pagi yang tidak boleh dilewatkan sekalipun sedang program diet. Bukan hanya menjadi sumber energi untuk memulai hari, sarapan juga berperan penting bagi kesehatan salah satunya pengendalian berat badan.

Tapi siapa sangka, menu yang dianggap sehat karena terdapat sayur atau buah dibawah ini nyatanya bisa bikin badan gemuk lho Beauty! Niat hati ingin pinggang ramping dengan menu sehat, malah kebalikannya.

Dikutip dari berbagai sumber pada Selasa (6/7/2021), ini deretan menu sarapan yang bisa bikin gemuk. Ada menu sarapan yang biasa kamu makan enggak nih?

1. Sandwich

Roti yang mengandung tinggi karbohidrat dan rendah serat ini bisa membuat diet yang sedang Beauty lakukan luluh begitu saja. Belum lagi olesan margarin dengan lemak trans yang tidak baik bagi tubuh semakin membuat menu sarapanmu semakin komplit untuk menaikkan berat badan.

Ada baiknya, Beauty bisa mengganti roti putih yang biasa dikonsumsi dengan roti gandum yang tinggi serat, kaya zat gizi dan rendah kalori.

2. Sereal

Beauty mungkin beranggapan sereal merupakan menu sarapan praktis yang bergizi. Lain hal kalau sereal yang Beauty pilih mengklaim mengandung biji-bijian utuh dan tinggi gula. Nyatanya, sereal yang ‘katanya’ mengandung biji-bijian utuh ini hanya mengandung sedikit sisa dari gandum karena melalui proses yang rumit.

Sereal yang mengandung banyak gula juga bisa meluluh lantahkan niat sarapan sehatmu nih Beauty. Jika Beauty mengonsumsi granola dengan tambahan gula atau kerap kali ada saja perusahaan yang mengsinonimkan gula pada produk granolanya agar terlihat sehat.

3. Omlete

Menu sarapan yang satu ini kerap menjadi andalan setiap orang karena kemudahan dalam memasaknya. Apalagi jika dikombinasikan dengan keju, daging atau roti. Tapi, siapa sangka karena kombinasi itu bisa membuat kandungan tinggi protein, lemak baik, mineral dan vitamin yang mengenyangkan sebab rendah kalorinya bisa menyerang niat baikmu itu?

Sebaiknya Beauty mengganti isian omlete dengan sayur yang kaya serat dan nutrisi serta hindari penggunaan margarin dengan butter.

4. Pancake

Siapapun pasti menyukai menu sarapan yang satu ini apalagi kalau disajikan dengan topping kesukaan. Membuatnya yang mudah dan tidak memakan waktu lama membuat sarapan ini menjadi andalan. Tapi, kalau Beauty salah dalam mengolahnya dan menambahkan banyak topping, pancake yang bisa memangkas lemak sekitar perut karena mengandung susu dan telur ini bisa berkhianat begitu saja.

5. Menu dengan Tinggi Serat

Serat memang sangat baik dikonsumsi karena bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Tapi mengonsumsi makanan yang tidak seimbang bisa membuat lonjakan pada berat badanmu. Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung serat juga bisa bikin kembung dan penuh gas. Jadi bikin badmood juga deh.

Pastikan untuk selalu mengonsumsi menu yang seimbang kaya akan nutrisi termasuk karbohidrat, protein, lemak, dan serat.