Menu

Moms, Yuk Coba Manfaatkan 3 Buah Ini untuk Masak Daging Biar Empuk dan Gak Alot!

19 Juli 2021 13:30 WIB

Daging mentah. (pinterest/Damian Haener)

HerStory, Jakarta —

Daging menjadi salah satu santapan favorit banyak orang. Daging memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti tinggi protein, zat besi, dan juga kalsium.

Kamu bisa mengolah berbagai macam daging menjadi makanan yang lezat. Namun, kamu harus bisa mengolahnya dengan tepat supaya enggak alot dan dagingnya empuk.

Mengutip dari berbagai sumber (19/7/2021), kamu bisa memanfaatkan beberapa buah untuk membuat daging menjadi lebih empuk dan enggak alot. Yuk, simak baik-baik, ya!

Nanas

Salah satu cara untuk membuat daging menjadi lebih empuk dan enggak alot, yaitu dengan memanfaatkan buah nanas. Nanas mengandung enzim bromelin yang dapat membuat daging menjadi empuk.

Caranya cukup mudah, parut nanas sebanyak 250 gr untuk 1 kg daging, lalu balurkan ke seluruh bagian dagian. Setelah itu, diamkan selama 45 menit sebelum mengolahnya.

Kiwi

Kiwi juga menjadi salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat daging cepat empuk dan enggak alot. Kiwi mengandung enzim yang disebut dengan enzim actinidin. 

Cara mengolahnya, kamu bisa meremas-remas buah kiwi yang sudah disiapkan, lalu oleskan ke seluruh permukaan daging. Untuk 1 kg daging, diperlukan 1 sampai 1 1/2 buah kiwi. Diamkan selama 1-2 jam sebelum diolah.

Pepaya

Daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat daging empuk dan enggak alot. Daun pepaya memiliki enzim yang disebut dengan enzim papain yang bermanfaat untuk membuat daging lebih empuk.

Cara mengolahnya, rema-remas daun pepaya muda sampai getahnya benar-benar keluar. Kalau sudah, gunakan daun tersebut untuk membungkus daging dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dimasak.

Artikel Pilihan