Menu

Bertahan hingga Tahun ke-10, Ini Sederet Milestone yang Berhasil Diraih oleh Blibli

23 Juli 2021 17:45 WIB

situs web perdagangan elektronik di Indonesia, Blibli. (travelclub.co.id/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Blibli baru saja merayakan ulang tahun yang ke-10. Bertahan selama satu dekade, tentu bukan hal yang mudah.

Blibli sangat mensyukuri bisa ada di posisi ini selama 10 tahun perjalanan, dan berhasil melewati berbagai tantangan. Cindy Kalensang, VP Business Development, Blibli pun membagikan beberapa milestone yang telah diraih oleh Blibli selama 10 tahun terakhir.

"Ada beberapa milestones yang kami banggakan. Blibli merupakan e-commerce pertama di Indonesia yang mengurasi produk dan seller untuk memastikan kualitas tinggi dan orisinalitas. Kami juga menjadi e-commerce pertama yang memberikan layanan cicilan 0% kepada pelanggan, serta free ongkir ke seluruh masyarakat di Indonesia. Dan kami e-commerce pertama yang menghadirkan layanan Customer Care 24/7 untuk menjawab semua pertanyaan dan mendampingi pelanggan untuk memberikan solusi. Semua pencapaian ini tentu saja berkat dukungan dari berbagai pihak, termasuk seller dan para partner, serta para pelanggan," kata Cindy saat diwawancarai secara eksklusif oleh HerStory beberapa saat lalu.

Di zaman serba modern, Blibli bukanlah satu-satunya marketplace yang ada di Indonesia. Meski begitu, Blibli masih bisa mempertahankan eksistensinya dan bertahan hingga 10 tahun lamanya.

"Fokus kami adalah memperkuat ekosistem e-commerce kami, yang mencakup kurasi produk di platform, opsi pembayaran, logistik dan pengiriman, serta omnichannel. Hal ini kami wujudkan antara lain dengan memperbanyak opsi pembayaran agar transaksi lebih mudah dan praktis, termasuk dengan PayLater yang bisa membantu para ibu rumah tangga memenuhi kebutuhan keluarga dengan cara beli sekarang namun bayar nanti," jelas Cindy.

"Selain itu, kami juga memperluas omnichannel atau penjualan online-to-offline untuk memudahkan pengalaman berbelanja. Dan juga menambah layanan pengiriman, termasuk dengan adanya pengiriman cepat 2 Hours Delivery dan free ongkir, yang sangat bermanfaat bagi para pelanggan, terutama ibu rumah tangga yang ingin pesanan produk makanan segar mereka sampai dengan cepat untuk menjaga kesegaran. Free ongkir pun bisa membantu pelanggan untuk lebih hemat," sambungnya lagi.

Blibli juga akan memperkaya kurasi produk, termasuk untuk perempuan yang mencari produk halal dan Muslim-friendly. Kebutuhan ini membuat Blibli menghadirkan kategori baru Fashion Muslim dan memperluas kurasi produk halal di Blibli Hasanah, yang termasuk kosmetik bersertifikat halal. Dan untuk yang ingin berinvestasi, terdapat juga kategori Logam Mulia & Perhiasan.

Meskipun terhantam pandemi COVID-19 yang berlangsung selama lebih dari setahun terakhir, Cindy mengatakan bahwa Blibli justru malah mengalami kenaikan pelanggan yang berbelanja online.

"Dari data kami, selama pandemi justru semakin banyak pelanggan yang belanja online, termasuk pelanggan perempuan yang sekarang harus menjalani Work From Home atau ibu rumah tangga yang memilih untuk belanja online agar tidak perlu keluar rumah. Pertumbuhan yang Blibli alami cukup signifikan. Selama lima tahun terakhir, Blibli berkembang dari sisi jumlah penjualan, pengguna dan seller hingga 20 kali lipat.  Kondisi pandemi juga mempengaruhi pilihan produk dan kategori yang paling banyak dicari dan akhirnya mengalami peningkatan," terang Cindy.

Blibli pun berkomitmen untuk terus berinovasi di tengah pandemi COVID-19 yang mempengaruhi sektor ekonomi. Blibli dapat memastikan bahwa kegiatan ritel berjalan terus tanpa banyak terdampak oleh hambatan akibat PSBB.

"Salah satu upaya Blibli menopang ritel adalah dengan mengadakan festival belanja online untuk mendorong konsumsi dan transaksi, seperti yang kami adakan untuk merayakan ulang tahun Blibli ke-10 bersama dengan pelanggan dan seller, termasuk juga UMKM. Di periode anniversary ini, Blibli berkolaborasi dengan ratusan brand dan seller dari berbagai kategori, untuk menghadirkan berbagai penawaran terbaik untuk pelanggan. Seller UMKM yang sudah bergabung di Blibli pun berkesempatan untuk meningkatkan penjualan dan memberikan pelanggan produk yang mereka butuhkan dengan harga yang bagus," beber Cindy.

"Selama pandemi ini memang UMKM menjadi fokus kami. Blibli memberikan kemudahan bagi seller UMKM untuk onboarding di platform ini, selain diselenggarakan workshop dan pelatihan agar mereka dapat memanfaatkan platform Blibli secara maksimal untuk menumbuhkan bisnisnya," tambahnya.

Selain itu, Blibli juga menggaet aktor asal Korea Selatan, Park Seo Jun sebagai Brand Ambassador untuk menarik pelanggan di Indonesia. Bukan tanpa sebab, Blibli memilih Park Seo Jun karen mayoritas dari pelanggannya adalah generasi milenial yang memiliki hidup dinamis dan terkoneksi secara digital.

"Hal ini menjadi pertimbangan utama kami dalam menentukan Brand Ambassador, yang diharapkan dapat merangkul pasar millennial ini dan memberikan inspirasi. Blibli melihat bintang Korea, Park Seo Jun dapat menjadi perwujudan dari semangat anak muda yang berani memperlihatkan kreativitas mereka dengan menggunakan talenta yang dimiliki. Kami berharap sikap positif dari Park Seo Jun bisa menginspirasi pelanggan Blibli untuk bersikap optimis, sehingga bisa membuat hidup dan komunitas mereka lebih baik," ucap Cindy.

Berusia satu dekade, Cindy pun berharap agar Blibli dapat terus berkolaborasi dengan baik bersama semua pihak, termasuk seller, partner, dan juga para brand ambassador, sehingga Blibli dapat terus melayani dan menjaga kepuasan pelanggan. Sesuai dengan komitmen kami, yaitu #KarenaKamuNo1.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana