Menu

4 Kiat Mendidik Anak Agar Tumbuh Mandiri, Bisa Dilakukan Sedini Mungkin Moms!

26 Juli 2021 16:30 WIB

Ilustrasi anak sedang mengalami tantrum. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang tua memiliki cara unik dalam membesarkan anak-anaknya. Tetapi setiap orang tua pasti memiliki tujuan yang sama, yakni membuat anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

Sikap mandiri sangat diperlukan agar anak bisa sukses nantinya. Dengan bersikap mandiri, anak jadi mengetahui kekuatan dan kelemahannya serta sikap mandiri juga bisa membuatnya siap untuk menghadapi masa depan.

Butuh waktu bertahun-tahun bagi seorang anak untuk menjadi mandiri dan bertanggung jawab. Kemandirian harus diajarkan oleh orang tua sejak dini. Dilansir dari laman Moms (26/7/2021) berikut adalah beberapa tips praktis tentang cara membesarkan anak agar tumbuh menjadi mandiri:

1. Tetapkan rutinitas

Hal pertama yang perlu dipastikan saat mendidik anak adalah rutinitas. Ini sangat penting karena mereka terbiasa dengan sikap yang mandiri.

Sebagai orang tua, perlu untuk membantu anak dalam membuat rutinitas. Rutinitas ini bisa membuat mereka melakukan tugasnya dengan lebih baik. Setelah terbiasa dengan tugas-tugas tertentu, orang tua dapat dapat memperkenalkan mereka pada tugas-tugas baru.

Pastikan untuk mempertimbangkan faktor waktu saat membuat rutinitas untuk anak. Meskipun anak-anak dapat melakukan sebagian besar tugas seperti orang dewasa, mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk melakukannya.

2. Biarkan Anak Membantu Pekerjaan Rumah

Menjadi mandiri juga berarti terlatih dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Memperkenalkan anak pada pekerjaan rumah tangga di usia muda dapat membuat mereka lebih bertanggung jawab.

Selain itu, anak yang terlibat dalam pekerjaan rumah juga bisa mengembangkan keterampilan manajemen waktu dan hal pengambilan keputusan. Orang tua dapat meminta anak untuk membantu membersihkan rumah, melipat cucian, mengatur rak, dan lain-lain. Hal ini harus terus diawasi oleh orang tua ya!

Sebagai alternatif, orang tua juga dapat membuat bagan tugas untuk seluruh keluarga dan meminta semua orang di dalam rumah untuk mengerjakan tugasnya.

3. Bantu Anak Mengambil Keputusan

Pengambilan keputusan adalah keterampilan utama yang harus dilakukan seseorang ketika mencoba untuk mandiri. Ketika tahun-tahun pertama anak lahir, orang tua yang mengambil segala keputusan kehidupan si kecil. Namun, ketika usia anak terus bertambah, orang tua harus membiarkan anak mengambil keputusannya sendiri, misalnya memilih baju yang ingin dipakai atau memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Dengan besikap seperti ini, anak akan memahami bahwa pilihan yang dibuat adalah penting dan mereka mampu membuat keputusan tersebut. Jika anak terjebak, orang tua harus mengingatkan anak dan juga ikut serta mengambil keputusan yang tepat.

4. Puji usahanya dan bukan hasilnya

Usaha anak untuk mandiri bukanlah hal yang mudah. Tentu akan ada beberapa upaya yang gagal sebelum akhirnya mereka tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

Sebagai orang tua, peranmu adalah untuk memuji upaya mereka daripada memuji hasilnya. Biarkan anak mengerti bahwa kegagalan membuat mereka lebih kuat. Hal ini juga dapat membantu mengurangi kecemasan lho. Bantu anak dalam menghadapi kesulitan dengan membiarkan mereka fokus pada upaya yang dilakukan daripada hasilnya.

Artikel Pilihan