Menu

6 Dampak Memberikan ASI Sambil Bermain HP, Bahaya Banget Moms!

03 Agustus 2021 15:10 WIB

Ilustrasi ibu menyusui sambil memainkan handphone. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Tak dapat dipungkiri, smartphonesudah sangat melekat sebagai kebutuhan hidup sehari-hari. Terlebih di masa pandemi ini tentunya membuat intensitas menggunakan smartphone semakin meningkat. 

Sekarang ini, handphone tak cuma dijadikan sebagai alat komunikasi. Bisa juga sebagai media untuk mencari hiburan dan ladang usaha karena kemudahan akan mengaksesnya. 

Moms yang sedang menyusui pun pasti merasakan hal serupa, tak bisa dengan mudah lepas dari handphone. Entah itu karena urusan pekerjaan atau sekadar mencari hiburan. 

Memberikan ASI merupakan bagian penting bagi tumbuh kembang si kecil. ASI eksklusif diberikan sampai si kecil menginjak usia 6 bulan dan dibantu dengan MPASI. 

Moms yang memberikan ASI sambil bermain handphone disebut brexting. Breastfeeding (menyusui) dan texting yang dimaksudkan sebagai segala aktivitas menggunakan handphone

Mungkin sambil memainkan handphone, Moms akan merasa lebih nyaman memberikan ASI bagi si kecil. Tapi, penting untuk diketahui justru hal tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi si kecil.

Berikut  6 dampak buruk memberikan ASI sambil bermain handphone yang penting untuk Moms tahu, seperti dilansir dari laman klikdokter.com (3/8/2021). 

1. Kehilangan Momen Bersama Si Kecil

Saat memberikan ASI sejatinya merupakan momen penting bagi ibu dan anak. Si kecil akan memusatkan perhatiannya ke arah ibu selama ia sedang menyusu. Jika Moms lebih memberikan perhatian pada handphone, tentunya ikatan dan momen bersama si kecil akan terlewatkan bahkan bisa saja ketika ia sudah besar dapat memengaruhi kedekatan antara ibu dan anak.

2. Kesempatan Stimulasi Si Kecil Tak Optimal

Pandangan si kecil yang fokus pada ibu, merupakan kesempatan terbaik untuk memberikannya stimulasi. Moms bisa memberikan stimulasi melalui hal sederhana seperti mengelus tangan atau kepalanya sambil melantunkan nyanyian atau doa. Hal tersebut sejatinya sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Lain hal bila Moms asik dengan handphone tentunya kesempatan ini akan terlewatkan. 

3. Proses Memberikan ASI Jadi Tak Tepat 

Jika Moms sibuk dengan handphone, tentunya Moms tak dapat memastikan apakah si kecil dapat menerima ASI dengan baik atau terganggu. Salah satunya dapat menyebabkan si kecil tersedak. 

4. Produksi ASI Terganggu

Tak cuma hormon atau kondisi kesehatan ibu yang bisa membuat produksi ASI menjadi terganggu. Ikatan batin antara ibu dan anak serta perlekatan mulut si kecil yang tak benar juga bisa menjadi pemicu hal tersebut. Biasanya hal ini disebabkan karena ibu yang fokus dengan handphone. 

Bilamana hal ini terus berlangsung, tentunya ASI bisa menjadi tak lancar.

5. Kehilangan Pesan yang Disampaikan Si Kecil

Si kecil yang sedang menyusu kerap memberikan respon seperti nyaman, tak nyaman, atau kenyang melalui gerakan tubuhnya. Jika perhatian Moms masih tertuju pada handphone, tentunya Moms bakalan kehilangan pesan tersebut. Salah satu akibatnya, Moms tak tahu jika si kecil sudah merasa kenyang namun tetap diberikan ASI yang berakhir ia tersedak dan muntah.

6. Terkena Paparan Radiasi

Sejatinya kita suda mengetahui bahaya radiasi yang ditimbulkan dari handphone. Tentunya hal tersebut sangatlah tak baik bagi perkembangan otak si kecil terlebih di masa emasnya yakni 1.000 hari pertama. Mengingat masa tersebut otak anak sedang berkembang pesat. 

Nah itu dia bahaya yang menghantui Moms dan si kecil bilamana Moms tetap memilih memainkan ponsel selagi memberikannya ASI. Semoga bermanfaat ya, Moms!