Menu

Hati-hati Ya, Pasangan Bisa Selingkuh Kapan Saja Lho! Begini Cara Mencegahnya...

09 Agustus 2021 19:30 WIB

ilustrasi pasangan selingkuh (Pinterest/Fitriana Gozel)

HerStory, Jakarta —

Setiap pasangan tentu menginginkan hubungan yang bahagia dan awet sampai maut memisahkan. Namun, setiap hubungan pasti akan ada masalah yang harus dihadapi, salah satunya soal perselingkuhan.

Rasa bosan tentu bisa datang menghampirimu atau pasanganmu. Dari rasa bosan itulah muncul keinginan untuk berselingkuh dengan orang lain.

Makanya, di dalam hubungan perlu adanya komunikasi yang baik. Kamu dan pasangan harus belajar mengenal apa yang dirasakan dan juga diinginkan, lalu belajar saling berkomunikasi soal perasaan dan mendengarkan pasangan.

"Kita perlu mengenal apa yang kira rasakan, lalu saling berkomunikasi dan saling mendengarkan pasangan," kata psikolog klinis, Inez Kristanti saat diwawancarai HerStory.co.id.

Nah, untuk mencegah terjadi perselingkuhan di dalam rumah tangga, maka kamu dan pasangan harus paham soal batasan di dalam pernikahan.

Inez Kristanti juga menyarankan untuk membiasakan diri berbicara dari hati ke hati bersama pasangan tentang perasaan satu sama lain.

"Sebaiknya membiasakan diri untuk bicara dari hati ke hati tentang apa yang kita apresiasi dari pasangan, harapan kita ke depannya, sekaligus membahas permasalahan atau tantangan dalam hubungan secara berkala, misalnya seminggu sekali," jelas Inez.

Hal tersebut jika dilakukan secara rutin bersama pasangan akan bermanfaat untuk menumbuhkan rasa percaya dan rasa aman di dalam hubungan.

Lebih lanjut, Inez juga menjelaskan bahwa pernikahan yang sehat dan harmonis bisa tercapai karena adanya komitmen di dalam hubungan.

"Setiap orang di dalam hubungan juga perlu memiliki keinginan dan komitmen dan menyelesaikan isu-isu dalam dirinya supaya dapat membangun pernikahan yang lebih sehat dan harmonis," tuturnya.

Artikel Pilihan