Menu

Meski Terikat Pernikahan, 3 Hal Ini Menandakan Pasangan Sudah Tak Cinta Lagi Denganmu Lho! Perhatikan Ya

18 Agustus 2021 19:30 WIB

Sepasang kekasih yang saling membelakangi (Unsplash/Henry Pham)

HerStory, Jakarta —

Pernikahan menjadi babak baru kehidupan. Ketika terlibat dalam pernikahan, kamu pasti sudah yakin bahwa pasanganmu adalah cinta sejatimu.

Kenyataannya meskipun sudah terikat janji suci, pernikahan masih bisa hancur dikarenakan kurangnya rasa sayang pasangan kepadamu. Ya, memang kasus ini sering terjadi dan bisa dilihat melalui beberapa tanda bahwa pasangan sudah tak mencintaimu. Apa saja ya?

1. Tak lagi mesra denganmu

Orang-orang umumnya penuh kasih sayang dengan orang yang mereka cintai. Itu berarti bahwa hilangnya kasih sayang secara tiba-tiba atau bertahap mungkin merupakan tanda pertama bahwa seseorang tak lagi cinta denganmu.

"Pertanda besar adalah ketika dia berhenti melakukan hal-hal kecil yang biasanya dia lakukan. Apakah dia berhenti membuatkanmu kopi di pagi hari atau membawakanmu bunga pada hari spesial? ujar terapis pernikahan Racine Henry, Ph.D., LMFT, dilansir Mind Body Green (18/8/2021)

Orang yang berbeda dapat mengekspresikan cinta dengan cara yang berbeda karena lima bahasa cinta. Tapi, yang perlu diwaspadai adalah perubahan perilaku dan penurunan bentuk kasih sayang yang ada sebelumnya.

"Perubahan rutinitas bisa menjadi petunjuk mencolok bahwa perasaannya telah berubah," kata Henry.

2. Lebih suka menghabiskan waktu sendirian

"Tanda lainnya adalah bagaimana dia memilih untuk menghabiskan waktunya. Jika dia memiliki lebih banyak alasan untuk menjauh dari kamu  atau jauh dari rumah, itu bisa jadi karena dia mencari kesenangan dalam aktivitas dengan orang lain," ujar Henry.

"Ketika seorang suami secara rutin mulai bekerja terlalu keras, menghabiskan lebih banyak waktu dengan hobi, atau secara kronis terlibat dalam kegiatan yang mengurangi waktu pasangan, itu pertanda ada sesuatu yang salah," tegasnya lagi.

3. Enggan berkomunikasi denganmu

Ketika percakapan yang menarik telah menghilang dari pernikahan, itu bukan pertanda baik.

"Jika pasangan yang dulu komunikatif dan kini tak lagi tertarik untuk berdiskusi denganmu, tingkat kasih sayang pasangan itu mungkin menurun," kata psikolog klinis Carla Marie Manly, Ph.D.

4. Dia menjadi tertutup

Jika kamu memperhatikan bahwa pasangan telah berubah menjadi lebih tertutup dan kurang terbuka denganmu daripada sebelumnya, itu mungkin merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang tak beres.

"Pikirkan tentang seberapa banyak dia berbicara kepadamu dan terbuka tentang kehidupannya. Jika pasanganmu menjadi lebih tertutup kepadamu, ini bisa menjadi tanda bahwa perasaannya telah berubah," tutur Henry.

Artikel Pilihan