Menu

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Bisa Jadi Karena 6 Hal Ini

23 Agustus 2021 17:00 WIB

Ilustrasi wanita dengan berat badan berlebih. (pinterest/freepik)

HerStory, Sukabumi —

Diet merupakan suatu program untuk mendapatkan badan yang lebih proposional dan sehat. Beragam jenis diet sudah dapat dengan mudah ditemukan. 

Merasa sudah menjalani diet dengan benar dan sesuai anjuran, kita pasti pernah merasa diet tersebut tak berhasil karena berat badan yang tak kunjung turun. Padahal program diet ini sudah dijalani cukup lama. Berat badan justru stuck pada angka awal. 

Lantas hal apa yang menyebabkan berat badan tak turun meski sudah menjalani diet sesuai dengan anjurannya? Melansir dari berbagai sumber, sepertinya 6 hal ini bisa menjadi penyebab berat badanmu tak kunjung turun. 

1. Stres

Badan yang sehat tentunya berawal dari pikiran yang sehat juga. Jika Beauty masih sering merasa stres, tentunya hal ini akan berdampak pada program diet yang sedang kamu jalankan. Akibatnya berat badan akan sulit turun lantaran hormon kortisol memicu adanya rasa lapar pada tubuh karena stres. 

2. Tak Cukup Tidur

Tidur menjadi kegiatan penting bagi tubuh secara keseluruhan, Tak cuma membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan mengumpulkan kembali energi yang sudah terkuras, sebuah penelitian menyebutkan seseorang yang kurang tidur memiliki risiko obesitas. Pasalnya tak cukup tidur ini dapat mengantarkan rasa lapar lebih cepat dan malas untuk berolahraga.

3. Jeda Waktu Makan yang Lama

Kalian mungkin beranggapan memberikan jeda waktu yang lama akan membuat rasa lapar menjadi energi dan membuatmu lebih mengurangi porsi makanmu. Faktanya, perut yang terlalu lama menahan lapar justru dapat menimbulkan gangguan metabolisme yang menjadi lambat. Hal ini tentunya mendorong berat badanmu menjadi sulit turun. 

4. Terlalu Mengandalkan Olahraga

Olahraga memang penting bagi kesehatan tubuh. Tetapi lain hal jika terlalu mengandalkan olahraga tanpa memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berat badan tak dapat turun secara efektif jika tak dibarengi dengan pola makan yang baik. Baiknya, jika ingin melakukan olahraga lebih tentunya dibutuhkan kalori yang lebih juga. 

5. Mengonsumsi Produk Olahan Susu Terlalu Banyak

Meski rendah karbo, terlalu banyak mengonsumsi protein justru dapat memicu masalah metabolisme tubuh. Dampaknya adalah tubuh kesulitan memproduksi insulin sebagaimana terlalu banyak mengonsumsi karbo. Akhirnya, lemak pada tubuh akan menumpuk bersama energi. 

6. Makan Terlalu Cepat

Terlalu cepat menghabiskan makanan ternyata dapat berdampak pada reaksi otak yang sulit mengirimkan sinyal kenyang. Hal ini membuat seseorang akan menjadi merasa mudah lapar. Jadi, sebaiknya mengunyah makanan dengan bijak ya, Beauty!

Meski begitu, sejatinya diet yang baik dan benar tentunya harus mendapatkan konsultasi terlebih dulu bersama ahli. Hal ini untuk meminalisir adanya kesalahan diet yang berujung fatal bagi kesehatan.