Menu

Bulan Ramadan Penuh Berkah! Ini 4 Waktu Berdoa yang Akan Dikabulkan!

29 April 2020 19:45 WIB

Ilustrasi ramadan. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan. Suluruh umat muslim pasti menyambut bulan ramadan dengan suka cita. Bulan Ramadan adalah kesempatan bagi umat muslim untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya karena amalan yang dapat dilakukan juga banyak sekali.

Apabila umat muslim menyia-nyiakan bulan Ramadan, maka dirinya pasti merugi. Memang sebaiknya di bulan Ramadan ini umat muslim mencari pahala sebanyak-banyaknya. Sebab, selain ibadah yang dilipatgandakan, doa-doa yang kamu utarakan mudah diterima oleh Allah SWT. 

Baca Juga: #DiRumahAja saat berpuasa? Yuk, Coba Cara Ngabuburit Seru Ini Bersama Anak

Nah, Beauty, kamu tahu enggak sih kapan waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan? Yuk, simak baik-baik ya waktu yang tepat untuk kamu berdoa agar cepat terkabul!

Waktu sahur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Rabb kita tabaraka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, 'Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni'." (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758)

Baca Juga: Para Ibu Wajib Tahu! Begini 3 Cara Mengajarkan Puasa pada Anak

Saat berpuasa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi." (HR. Ahmad 2:305)

Saat berbuka puasa

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7:278) disebutkan bahwa kenapa doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa, yaitu karena saat itu, orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Baca Juga: Dear Pecinta Kopi, Yuk Simak Tips Aman untuk Minum Kopi Selama Puasa!

Saat azan berkumandang

Rasulullah Shallallahu'alaihiWasallam bersabda: "Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika azan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang."

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan