Menu

7 Tips untuk Mengatasi Pasangan yang Sering Berpikiran Negatif

27 Agustus 2021 13:15 WIB

Ilustrasi relationship goals. (Freepik/Haritanita)

HerStory, Bandung —

Setiap orang memang memiliki pikiran negatif yang kadang selalu menghampiri di kepala. Menghadapi orang yang selalu berpikiran negatif pun tentu membuat kita frustasi, apalagi jika ini terjadi pada pasangan kita sendiri. Pikiran negatif akan membuat seseorang merasa ragu dan takut bertindak.

Padahal, hal-hal yang ditakutkan bisa saja enggak terjadi kalau ia terus bersikap positif. Memang butuh usaha dan kesabaran yang tinggi untuk menghadapinya Moms.

Nah, untuk itu berikut adalah cara-cara yang bisa Moms lakukan untuk menghadapi pasangan yang berpikiran negatif, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (27/8).

1. Jangan mudah tersinggung dengan ucapannya

Jika pasangan Moms sedang berpikiran negatif, misalnya dengan selalu meragukan semua rencana dan keputudan yang telah kamu ambil, maka cobalah untuk berpikiran terbuka dan jangan mudah tersinggu saat menyikapi ucapan suami ya Moms.

Hal ini bukan berarti dia benci dan ingin menyudutkan istrinya, tetapi adanya pikiran negatif dalam dirinya menjadi pertempuran sendiri bagi batinnya.

2. Coba untuk menebarkan aura positif

Moms bisa coba untuk menebarkan aura positif, misalnya dengan menebarkan senyuman dan hal-hal baik kepada keluarga.

Ketika pasangan mulai memperlihatkan sifat negatifnya, Moms bisa lawan dengan sikap positif yang bisa mengalihkan fokus mereka ke hal-hal baik dalam hidup.

3. Cari tahu penyebab dari sikap negatifnya.

Untuk mengatasi sikap negatif pasangan, Moms bisa coba untuk mencari tahu penyebab dari munculnya sikap tersebut.

Ini dikarenakan enggak mungkin seseorang berpikiran negatif tanpa penyebab. Moms bisa coba tanyakan padanya dengan hati-hatinya dan nada bicara yang lembut ya!

4. Jadilah pendengar yang baik.

Ketika pasangan mulai membicarakan hal yang membuatnya berpikiran negatif, Moms harus mendengarkan dan simak ceritanya dengan seksama. Ini dikarenakan ada kemungkinan ia enggak bisa mengungkapkannya dengan secara spesifik karena malu atau takut untuk mengatakannya.

Mungkin pasangan akan menjelaskan lewat beberapa petunjuk. Berusahalah menjadi pendengar yang baik dan jangan menghakiminya ya Moms.

5. Temukan sisi positif dari pasangan

Ketika kita mulai memilih pasangan sebagai teman hidup, tentu Moms pasti melihat ada sisi positif dalam diri mereka yang membuat Moms memilih untuk menjadikannya pasangan.

Untuk itu, cobalah untuk duduk santai dan bernostalgia bersama. Ingat kembali perasaan yang menyenangkan, terutama ketika kalian belum memiliki kekhawatiran mengenai hal-hal lain dalam menjalani kehidupan.

6. Jangan terpengaruh dengan sifat negatif pasangan

Moms perlu membuat batasan yang sehat supaya enggak terpengaruh dengan ucapan pasangan.

Jika sulit untuk menghadapi pasangan yang sedang berpikiran negatif, Moms bisa meluangkan waktu untuk jadi diri sendiri dan menjernihkan pikiran supaya kembali positif.

7. Bergaul dengan orang-orang yang positif

Cara terakhir yang bisa Moms lakukan adalah dengan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang positif dan cocok dengan kepribadian kita. Pastikan bahwa pasangan menghindari lingkungan pertemanan yang toxic ya!

Itulah beberapa cara yang Moms bisa lakukan untuk mengatasi pasangan yang berpikiran negatif. Semoga bermanfaat ya!

Artikel Pilihan