Menu

Beauty Merapat! Ini Tanda Wanita Insecure dalam Hubungan dan Dampak Buruk yang akan Terjadi, Hati-hati Ya!

31 Agustus 2021 19:30 WIB

Ilustrasi suami bosan dengan istri (Shutterstock/Edite by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Perasaan enggak aman atau insecure sering kali dirasakan oleh para wanita, apalagi di dalam hubungan asmaranya. Masalah insecure pada wanita akhirnya bisa membuat pasangannya enggak nyaman.

Menurut Psikolog Klinis, Salma Dias, rasa insecure pada wanita biasanya disebabkan oleh banyak hal, seperti kurangnya self love, adanya pengalaman buruk di masa lalu, dan adanya ekspektasi yang tinggi di dalam hubungan.

“Kurangnya self love bisa menyebabkan insecure. Selain itu, ada pengalaman yang kurang baik dari masa lalu, jadi memunculkan trust issues yang akhirnya terbawa ke dalam relationship. Selain itu karena adanya social expectations pada wanita di dalam hubungan,” kata Salma saat diwawancarai HerStory.co.id.

Saat wanita merasa insecure, pasangan harus berusaha untuk menenangkan. Cobalah untuk membuktikan cinta kepada wanita dengan perilaku sehari-hari. 

“Memang harus ditunjukkan dari perilaku di cowok sehari-hari. Misalnya, si cowok menunjukkan kalau dia itu bisa dipercaya, dalam artian enggak berbohong,” ujar Salma.

Lebih lanjut, Salma juga menjelaskan kalau wanita sedang merasa insecure, sebaiknya pasangan mendengarkan dan menerimanya. Setelah itu, bisa dicari jalan keluarnya bersama-sama.

Lantas, sebenarnya kamu tahu atau enggak sih apa saja tanda-tanda wanita yang merasa insecure dengan hubungannya?

Kepada HerStory, Psikolog Klinis, Salma Dias menjelaskan tanda wanita yang sedang merasa insecure dengan hubungan asmaranya. 

“Saat wanita merasa insecure, maka kepercayaan di dalam hubungan akan berkurang. Kalau wanita sudah merasa enggak percaya dengan pasangannya, akhirnya enggak ada batasan di dalam hubungan tersebut dan selalu muncul kecurigaan terhadap pasangan,” jelas Salma.

Kalau rasa insecure terus menerus terjadi, hubungan percintaan jadi enggak bahagia. Selain itu, hubunganmu juga jadi enggak sehat dan lama-kelamaan bisa hancur karena itu bisa disebut dengan toxic relationship.

“Dampak yang terlihat biasanya hubungan jadi enggak sehat dan jadi ke arah toxic relationship karena enggak ada rasa percaya terhadap pasangan,” tutur Salma.