Menu

7 Fase Pernikahan yang Perlu Diketahui, Kamu dan Pasangan Lagi di Titik yang Mana Nih?

06 September 2021 12:45 WIB

Ilustrasi pasangan bahagia. (Freepik/lookstudio)

HerStory, Sukabumi —

Pernikahan merupakan kondisi menyatukan dua kepala menjadi satu dalam rumah tangga. 

Ketika menjalani hidup berumah tangga, setiap pasangan tentunya akan mengalami berbagai fase pernikahan yang begitu panjang. 

Sebab membina rumah tangga tak melulu akan memberikan rasa bahagia sebagaimana saat melangsungkan sebuah resepsi. 

Melansir dari unggahan Mamalyfe.id berikut 7 fase dalam pernikahan, kamu dan pasangan lagi di titik yang mana nih? 

1. Bulan Madu

Pada fase pertama ini tentunya Moms dan pasangan sedang merasakan indahnya jatuh cinta bersama pasangan setiap saat. Masalah dalam rumah tangga pun belum menonjol dan selalu tersenyum menyambut hari bersama pasangan.

2. Penyesuaian

Disini sifat dan kebiasaan dari Moms dan pasangan akan mulai terlihat dan tanda-tanda dari dunia nyata dari rumah tangga sudah mulai nampak. 

3. Pertentangan Hebat

Setelah lebih dalam mengetahui sifat dan kebiasaan satu sama lain dan dunia nyata hidup berumah tangga yang semakin nampak dengan hadirnya berbagai masalah. Tentunya hal ini akan memicu adanya pertentangan hebat sampai kerap muncul keinginan untuk berpisah. Tak ayal akan ada kondisi saling menyalahkan satu sama lain. 

4. Pendewasaan

Semakin sering menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam ruma tangga tentunya akan membawa pada fase pendewasaan. Disini akan mulai lebih memikirkan yang terbaik untuk rumah tangga bersama-sama. Terlebih ketika sudah adanya kehadiran seorang anak.

5. Puber Kedua

Melewati banyak waktu bersama dan segala rintangannya tentunya tak menutup kemungkinan akan membawa Moms dan pasangan pada puber kedua. Dengan lebih banyak menghabiskan waktu bersama seperti masa berpacaran, menerima kekurangan satu sama lain, dan saling dalam menyelesaikan masalah dan konflik. 

6. Menua Bersama

Membina rumah tangga yang langgeng tentunya sangat diidamkan banyak pasangan. Setelah menjalani rumah tangga yang cukup lama, pada fase ini Moms dan pasangan akan lebih menikmati waktu bersama. Dan menjalani tahun-tahun terbaik untuk mengukir kenangan. 

7. Menghabiskan Sisa Hidup Bersama

Fase yang terakhir yakni menyadari bahwa Moms dan pasangan bersyukur karena sudah dipersatukan dan bertahan satu sama lain. Menghadapi berbagai macam cobaan dan mengatasinya bersama serta membawa keduanya untuk selalu merayakan kebahagiaan sisa hidupnya.