Menu

Jangan Dibiarkan! 5 Masalah Keintiman Ini Akan Membuat Kamu Semakin Jauh dengan Pasangan

06 September 2021 13:15 WIB

sad couple (pexels/pixabay)

HerStory, Bandung —

Tak jarang, dalam suatu hubungan sering mengalami pasang-surut perasaan. Meraih kemesraan pun menjadi suatu hal yang mungkin menjadi sulit atau mudah. Mungkin kini Moms mulai merasakan pasangan tidak lagi romantis dan sering acuh. 

Ketika Moms sedang mengalami kondisi ini, baiknya Moms waspada ya karena ini bisa jadi Moms mengalami masalah keintiman. Tentu, hal ini juga enggak boleh dibiarkan karena bisa berdampak pada keharmonisan keluarga.

Berikut ini 5 masalah keintiman yang berdampak pada keharmonisan keluarga, dikutip dari Popmama.com, Senin (6/9).

1. Tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi

Ketika seseorang memiliki rasa percaya diri yang rendah, maka bisa menjadi tanda sedang mengalami masalah keintiman bersama pasangan.

Akibatnya, mereka akan terkesan menjauh dan murung dengan apa yang mereka alami. Cobalah untuk komunikasikan jika Moms melihat pasangan bertingkah seperti ini.

Pasangan juga mungkin tidak suka berhubungan seks dengan Moms karena membenci diri mereka sendiri terhadap tubuh mereka.

Bisa juga karena ia takut Moms merasa kecewa saat tidak memuaskan ketika berhubungan seks, atau lainnya.

Untuk itu, bangun antisipasi dengan bertanya dan terbuka dengan pasangan. Agar masalah ini tidak berlarut-larut dan menemukan kembali keintiman yang lama.

2. Pasangan menghindar kontak fisik

Seseorang yang takut akan keintiman akan sering menghindari berhubungan seks atau, bahkan, kontak fisik apapun dengan Moms.

Meskipun mereka mungkin ingin tidur dengan pasangannya, mereka tidak ingin membiarkan Moms dekat dengan mereka karena mereka sering merasa tidak cukup baik untuknya.

Mereka juga tidak merasa cukup baik tentang diri mereka sendiri sehingga menghindari kontak fisik sebagai cara untuk meminimalkan kemungkinan menyakiti pasangannya.

Alangkah baiknya Moms membujuk bercerita pasangan, dan jangan langsung memaksa. Biarkan dia dengan waktunya.

3. Pasangan jadi mudah marah dan emosi

Perdebatan atau pertengkaran memang tidak bisa dihindari dalam kehidupan berumah tangga.

Hal ini mungkin menjadi hal yang sangat menyebalkan.

Terutama, jika pasangan tipe pemarah dan tidak ingin diganggu, beri beberapa waktu untuk dirinya sendiri. 

4. Ragu bahkan sulit mempercayai pasangan

Ketika sudah berumah tangga, memang kita harus terus percaya dengan pasangan kita apapun yang terjadi.

Namun saat menemui masalah, kita mungkin akan ragu dan sulit mempercayai pasangan. Nah, Moms enggak boleh membiarkan hal ini terjadi.

Perasaannya mungkin diakibatkan karena masa lalunya atu bahkan trauma. Ketika hal ini jadi masalah, mungkin Moms dan pasangan harus bekerjasama menyelesaikan hal tersebut.

5. Tidak terbuka tentang apa yang dirasakan

Dalam sebuah hubungan, komunikasi sangat penting untuk hubungan yang bahagia, tetapi jika Moms tidak dapat membagikan perasaan dengan orang lain, akan sulit untuk memperkuat hubungan emosional dengan pasangan.

Keterbukaan bahkan jadi faktor meminimalisir pertentangan dalam rumah tangga. Jika Moms merasakan hal ini, segera lepaskan pikiran negatif di kepala dan luapkan semua perasaan kepada pasangan.

Dengan ini juga akan membantu pasangan lebih tahu apa yang bisa ia lakukan, serta bisa membagikan perasaan yang sudah lama terpendam.

Itulah beberapa tanda masalah keintiman yang mungkin kini Moms rasakan. Jangan dibiarkan ya Moms!