Menu

Mengonsumsi Seledri Saat Hamil Bisa Mengatur Tekanan Darah Tinggi Lho Moms, Ini Berjuta Manfaatnya!

07 September 2021 13:20 WIB

Daun Seledri. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Depok —

Daun seledri termasuk salah satu sayuran yang sering ditemui sebagai pelengkap beberapa makanan. Namun, banyak orang yang belum mengetahui kalau daun seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan khususnya ibu hamil.

Daun seledri memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sehingga dapat membantu pertumbuhan tulang lebih kuat dan sehat selama hamil. Selain itu, masih banyak manfaat seledri yang bisa dirasakan. Berikut rangkumannya.

Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau kondisi tekanan darah tinggi dapat terjadi pada siapa saja termasuk ibu hamil. Jika mengalami hipertensi tanpa ditangani dengan baik, maka dapat memengaruhi kondisi aliran darah ke plasenta. Situasi ini dapat membuat aliran darah menjadi tidak lancar untuk sementara. 

Perlu diketahui apabila plasenta tidak mendapatkan cukup aliran darah, maka asupan nutrisi dan oksigen untuk janin akan terpengaruh. Untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi, Moms bisa mengonsumsi daun seledri secara rutin. Seledri dapat membantu menjauhkan kehamilan dari risiko stroke, masalah jantung, hingga aterosklerosis karena adanya penumpukan kolesterol.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ibu hamil tentu ingin memiliki sistem kekebalan tubuh yang selalu optimal hingga proses persalinan. Meningkatkan kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi seledri karena seledri memiliki kandungan vitamin C tinggi.

Kandungan gizi tersebut juga bisa mencegah tubuh terkena flu selama masa-masa kehamilan. Kandungan antioksidan di dalam daun seledri juga dapat meningkatkan kekebalan serta melindungi janin dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Memperkuat Persendian Selama Kehamilan

Kehamilan yang telah masuk trimester ketiga seringkali membuat tubuh mula merasa kelelahan, apalagi saat berat badan si Kecil bertambah cukup banyak. Menjaga persendian selama hamil sangat dibutuhkan agar dapat membuat tubuh lebih mudah bergerak saat melakukan aktivitas.

Dilansir dari Boldsky, daun seledri sebagai sayuran dapat meningkatkan regenerasi jaringan di sendi saat mulai mengalami peradangan. Daun seledri memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga membantu meminimalkan rasa sakit dan bengkak di sekitar persendian selama masa-masa kehamilan.

Mengonsumsi seledri secara rutin juga dapat berfungsi sebagai diuretik alami yang mampu menghilangkan akumulasi kristal asam urat persendian.

Mencegah Dehidrasi

Seledri mengandung tinggi asam folat, kalium, dan vitamin C yang baik dikonsumsi selama masa-masa kehamilan. Moms bisa mengolah seledri menjadi jus sehat.

Jus seledri mengandung banyak mineral dan dapat membantu menambah energi yang hilang. Hal ini dapat memenuhi kebutuhan cairan pada ibu hamil untuk mencegah terjadinya dehidrasi. 

Dehidrasi saat hamil perlu dihindari agar tidak membahayakan diri sendiri dan janin di dalam kandungan. Untuk menambah rasa, Moms bisa mencampur jus seledri dengan buah-buahan lain yang lebih segar.

Meningkatkan Kesehatan Sistem Saraf 

Ibu hamil cukup rentan mengalami kekakuan saraf disela-sela kehamilannya. Kandungan kalsium yang tinggi di dalam sayuran ini dapat membantu menenangkan saraf selama kehamilan serta meningkatkan kesehatan sistem saraf. 

Demi meminimalkan permasalahan ini selama kehamilan, Moms perlu memperbanyak konsumsi seledri ke dalam menu makanan sehari-hari.

Nah, itu dia segudang manfaat daun seledri untuk ibu hamil yang bisa Moms dapatkan. Rutin mengonsumsi tentu dapat membantu ibu hamil terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat, Moms!

Artikel Pilihan