Menu

Ingin Menurunkan Berat Badan? Awas Jangan Sampai Terkecoh Mitos Ini!

13 September 2021 20:05 WIB

Menimbang berat badan menggunakan timbangan digital. (Unsplash/I Yunmai)

HerStory, Depok —

Menjaga berat badan ideal penting bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Meskipun ada banyak tips diet yang menjanjikan untuk menurunkan berat badan tetapi tidak semuanya terbukti benar.

Justru kita sering terjebak dengan mitos-mitos terkait penurunan berat badan. Padahal mitos-mitos tersebut seringkali menyesatkan. Berikut rangkuman informasi tentang mitos-mitos penurunan berat badan yang nggak berpengaruh dan tak perlu kamu percaya lagi, Beauty!

Konsumsi karbohidrat bikin berat badan nambah

Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh kamu untuk setiap gerakan kecil yang dilakukan. Ketika kamu mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, maka tak akan menyebabkan berat badan bertambah naik.

Karbohidrat justru penting dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, biji-bijian, karbohidrat kompleks, dan protein adalah suatu keharusan untuk dikonsumsi termasuk bagi kamu yang sedang diet.

Makanan kemasan untuk turunkan berat badan

Makanan kemasan sebenarnya kurang sehat dikonsumsi bila dibandingkan dengan makanan segar yang dimasak di rumah. Ada berbagai makanan kemasan yang diklaim rendah lemak, bebas lemak dan gluten.

Namun mengandung gula yang tinggi sehingga tak baik untuk menurunkan berat badan. Jadi, yang terbaik adalah mengonsumsi makanan segar yang dimasak di rumah daripada makanan kemasan.

Menurunkan berat badan dengan teh herbal

Teh pelangsing atau teh herbal mengandung fitokimia dan antioksidan yang tinggi sehingga membantu detoksifikasi tubuh. Namun, teh tidak membantu menurunkan berat badan secara langsung. Teh ini hanya membantu meningkatkan aktivitas metabolisme dan jalur pembakaran energi.

Makan dengan porsi sedikit

Makan lebih sedikit dan bergerak lebih banyak terdengar logis untuk menurunkan berat badan. Metode ini mungkin berhasil dalam jangka pendek tetapi bukan ide baik untuk dilakukan dalam jangka panjang.

Orang yang mulai makan lebih sedikit karena faktor fisiologis dan biokimia akan mendapatkan berat badan yang diinginkan. Namun setelahnya akan kembali ke pola makan normal.

Diet ketat untuk menurunkan berat badan dengan cepat

Diet ketat tidak akan membantumu untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Sebaliknya, itu akan menyebabkan kenaikan berat badan jangka panjang.

Diet ketat akan membuatmu kehilangan berbagai nutrisi penting. Hal ini akan menghabiskan energi tubuh dan justru menyebabkan keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula.

Itulah beberapa mitos yang berkaitan dengan penurunan berat badan yang tak perlu kamu percaya lagi. Jangan percaya begitu saja terhadap mitos-mitos penurunan berat badan karena tidak semua informasi tersebut benar, Beauty!

Share Artikel:

Oleh: Adeline Kinanti