Menu

4 Cara Atasi Nyeri Saat Hamil yang Sering Dikeluhkan, Catat Ya!

14 September 2021 11:00 WIB

Ilustrasi ibu hamil yang mengalami nyeri kaki. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Moms yang sedang hamil tentunya akan dihadapkan dengan berbagai keluhan selama masa kehamilan. 

Beban tubuh yang semakin meningkat karena mengandung gak dapat dipungkiri membuat Moms kerap merasakan berbagai rasa nyeri. 

Terlebih sebagai ibu hamil yang sensitif, tentunya diperlukan penanganan yang tepat untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut. 

Nah, untuk itu gak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi rasa nyeri yang umum dirasakan oleh para ibu hamil. 

Tenang Moms, gak pakai obat-obatan kok, jadi dipastikan aman. Simak yuk, berikut 4 diantaranya melansir dari laman kumparanmom.com (14/9)

1. Nyeri Punggung

Hal yang paling akan terasa ketika hamil adalah nyeri punggung. Penyebabnya dikarenakan adanya perubahan hormon dan berat badan. Moms dapat mengatasinya dengan cara tidur posisi miring sambil rutin dipijat.

2. Nyeri Perut

Terkadang nyeri perut cukup membuat Moms merasa sedikit khawatir, tapi umumnya nyeri perut bisa disebabkan adanya sembelit dan produksi gas berlebih dalam perut. Untuk mengatasinya Moms bisa lebih banyak konsumsi makanan berserat dan rutin berolahraga. 

3. Nyeri Tangan

Gak dapat dipungkiri nyeri tangan juga kerap menjumpai para ibu hamil karena adanya penumpukan cairan di pergelangan lengan. Nah, ketika Moms sedang melakukan aktifitas pakai tangan, jangan lupa untuk melakukan jeda ya. 

4. Nyeri Kaki

Nyeri kaki juga umum dijumpai ibu hamil terlebih yang sudah memasuki trimester ketiga. Ini dikarenakan pembuluh darah balik tertekan oleh rahim. Cara mengatasinya, Moms cukup berbaring selama 20 menit dengan kedua kaki yang diangkat bisa dengan menggunakan bantal atau kursi ya, Moms.