Menu

Ingin Warna Cat Rambut Awet? Hindari 5 Hal Ini Agar Warna Rambut Gak Mudah Pudar, Beauty

15 September 2021 20:50 WIB

Seorang wanita sedang mengeringkan rambut menggunakan handuk. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Depok —

Bisa dikatakan, mewarnai rambut sudah menjadi cara mudah untuk membuat penampilan jadi lebih beda. Namun setelah rambut diwarnai, proses pewarnaan dapat merusak kutikula dan melunturkan pigmen rambut.

Setelah luntur, warna rambut yang baru akan mudah masuk. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui 5 faktor yang membuat rambut berwarna jadi cepat pudar. Simak penjelasan dibawah ini ya!

Nggak Menggunakan Shampo Khusus Rambut Berwarna

Jika kamu sering mencuci rambut tanpa menggunakan shampo khusus, maka semakin cepat warnanya memudar. Agar memperlambat proses pemudaran dan memperkuat akar rambut, mulailah gunakan shampo khusus.

Tinggalkan kebiasaan keramas dengan produk shampo biasa. Pilihlah shampo yang mengandung vitamin dan protein di dalamnya untuk menjaga agar warna rambut tahan lebih lama.

Nggak Menggunakan Produk Kondisioner

Sebenarnya sangat penting menggunakan kondisioner untuk rambut diwarnai. Apabila tidak memakai rangkaian produk kondisioner pada rambut diwarnai, maka akan menyebabkan rambut kehilangan kilau dan nutrisinya.

Dilansir dari Softerhair, kamu membutuhkan lebih sedikit sentuhan konditioner agar rambut terlihat segar saat diwarnai. Mulailah aplikasikan kondisioner dari tengah hingga ujung rambut agar rambut kamu tetap halus dan lembut.

Melewatkan Pemakaian Masker Rambut

Jika rambutmu diwarnai, kamu harus menggunakan masker perawatan rambut khusus. Ini guna menghidrasi, setidaknya seminggu sekali. 

Joel Warren, ahli warna dan salah satu pendiri salon Warren-Tricomi mengatakan bahwa masker rambut dapat memperbaiki kerusakan rambut dan bekerja untuk memelihara kutikula. Jika kamu melewatkan perawatan rambut diwarnai dengan hair mask, maka akan membuat rambut mudah kering dan kusam.

Keramas dengan Air Hangat

Apakah kamu sering keramas dengan menggunakan air hangat? Jika rambut yang diwarnai tidak cepat kering dan pudar warnanya, maka hindari membasahi rambut dengan air hangat. 

Pasalnya, air hangat adalah salah satu hal yang merusak ukuran molekul warna dan menghilangkan kelembapan rambut maupun kulit kepala. Jadi sebaiknya gunakan air yang bersuhu normal, ini agar molekul warna pada rambut tidak cepat hilang.

Terkena Paparan Sinar UV Terlalu Sering

Jika rambut kamu terlalu sering terpapar sinar UVA dan UVB dari matahari, maka dapat merusak lapisan luar helai rambut yang diwarnai. Memang benar, bahwa kerusakan akibat sinar matahari bisa berupa perubahan warna dan membuat untaian rambut jadi kering hingga rapuh.

Bahkan paparan sinar matahari berlebihan, ini akan merusak matriks rambut dan memudarkan warna rambut yang kamu warnai. Jadi, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung. Pastikan kulit kepala kamu akan terus menghasilkan helai rambut yang tebal dan warna tahan lama, ya!

Itulah 5 faktor penyebab warna rambut cepat pudar. Yuk, mulailah menghindari kelima hal di atas!