Menu

Deretan Kuliner yang Wajib Kamu Icip Saat Sambangi Yogyakarta

21 Januari 2020 16:00 WIB

Gudeg Yu Djum Yogyakarta (Instagram/gudeg_yu_djum_pusat)

HerStory, Jakarta —

Yogyakarta menyimpan sejuta keindahan di dalamnya. Mulai dari keindahan alam dengan gunung yang menjulang, hamparan pantai dan keindahan laut yang luas, hutan pinus yang rindang, destinasi wisata yang membuat rindu, hingga wisata kuliner yang mampu memanjakan lidah pengunjungnya.

Ngomong-ngomong soal kuliner, emang kurang afdol rasanya kalau berkunjung ke suatu tempat tanpa mencicipi makanan khasnya. Nah, buat Beauty yang ingin berlibur atau sedang di Yogyakarta, berikut HerStory rangkum kuliner apa aja yang wajib kamu icip saat berada di Kota Pelajar ini. Merangkum dari berbagai sumber ini lima di antaranya:

Gudeg Yu Djum

Belum afdol rasanya ke Yogyakarta kalau belum icip makanan khas yang satu ini, ya Gudeg. Banyak tempat makan yang menyajikan aneka hidangan gudeg. salah satunya Gudeg Yu Djum yang sangat populer dikalangan wisatawan yang sering berkunjung ke Yogyakarta.

Gudeg merupakan olahan kuliner yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Biasanya disajikan bersama nasi, kuah santan kental atau areh, ayam kampung, telur, tempe, tahu, hingga sambal krecek yang disajikan di atas daun pisang. Mantap pokoknya!

Oh, iya Beauty, Gudeg Yu Djum ini juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Yogyakarta lho!

Kopi Joss Lik Man

Bermalam di Yogyakarta, emang paling enak melipir sebentar ke angkringan sambil menikmati minuman khas Kota Pelajar ini, ya Kopi Joss. Biar lebih terasa sensasinya, kamu bisa mengunjungi Angkringan Lik Man untuk mencicipi Kopi Joss yang pertama kali diracik oleh pemilik angkringan ini sebelum akhirnya menyebar ke angkringan lainnya.

Kopi Joss Lik Man sudah begitu legendaris bagi masyarakat sekitar dan juga para wisatawan. Minuman populer ini begitu istimewa karena disajikan dengan arang panas di dalam segelas kopi. Dijamin bakal nagih deh, apalagi dengan harga yang super murah! Terletak di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta, tempat ini enggak pernah sepi pengunjung lho

Mie Ayam Tumini

Coba cung tangan yang suka Mie Ayam! walaupun mie ayam juga bisa dijumpai di daerah lain, tapi Mie Ayam Tumini ini berbeda lho! Kuahnya yang kental dan pekat yang menjadikannya berbeda dengan mie ayam lainnya. Soal rasa? Hmm... enggak perlu diragukan lagi, paduan kuah dengan rasa manis dan gurihnya pas di mulut! 

Kalau penasaran dengan rasanya, langsung aja datang ke Jalan Imogiri Timur No.187. O, iya kalau bisa kamu dateng lebih pagi ya! karena kalau enggak, ya kamu harus rela mengantri panjang untuk mencicipi mie ayam khas Jogja ini.

Bakpia Pathuk

Sebaga ikon nya Kota Pelajar, cuma di Yogyakarta kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas ini. Bakpia merupakan olahan camilan yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibalut dengan kulit. Yummy! begitu masuk ke dalam mulut, dijamin kamu bakal ketagihan! Enggak cuma isian kacang yang menggoda, kini banyak varian rasa lainnya yang enggak kalah nikmat untuk kamu cicipi. 

Belalang Goreng

Walang atau Belalang Gooreng ini merupkan kuliner khas Gunungkidul, Yogyakarta. Kamu mau coba Beauty? Olahan makanan ini mengandung banyak gizi lho! Bahkan belalang kayu memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk pertumbuhan. Sehat banget kan Beauty!.

Nah, itu tadi lima kuliner yang wajib kamu icip saat menyambangi Yogyakarta. Sebenarnya, banyak kuliner khas Yogya lainnya yang bisa kamu kunjungi. Biar enggak penasaran, kamu bisa lho menghabiskan libur akhir pekan nanti ke Yogyakarta. Happy Holiday Beauty!

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha